Jumat 26 Agustus 2022, 14:39 WIB

Membuat Konten Baik Bisa Membentuk Opini Masyarakat

AT/N-1 | Nusantara
Membuat Konten Baik Bisa Membentuk Opini Masyarakat

Dok. MI
Ilustrasi

 

TEKNOLOGI informasi belakangan ini berkembang sangat pesat. Setiap orang kini bisa menjadi pembuat konten dengan ponsel pintar yang dimiliki dan bisa memengaruhi banyak orang lewat media sosial.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, Dwiyanto Cahyo Sumirat, pun mengatakan kemampuan membuat konten sangat penting untuk dimiliki pegawai Bank Indonesia.

"Kita punya fungsi untuk mengomunikasikan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia," kata Dwiyanto dalam sambutannya saat membuka pelatihan Create Creative Content with Smartphone bagi pegawai Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah, di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Rabu (24/8).

Pembuatan konten pun tidak boleh asal-asalan, tetapi perlu dikemas dengan menarik dan informasi yang disampaikan juga harus bisa dipertanggungjawabkan. Konten tersebut kemudian ditampilkan di media sosial agar bisa dilihat masyarakat secara luas.

"Ketika kita bisa mengemas konten yang baik dan menarik bagi masyarakat, kita bisa membentuk opini masyarakat," kata dia.

Dengan demikian, ekspektasi masyarakat terhadap yang disampaikan pun diharapkan bisa lebih baik. Ia pun berharap, para peserta pelatihan bisa menyerap yang disampaikan dan langsung dipraktikkan saat kegiatan lapangan di Yogyakarta kemarin.

Materi pelatihan malam itu disampaikan Arvi Ristiani Pratami selaku Creative Content Media Group Network dan Natalia Surya selaku Video Digital Creator Media Group Network.

Arvi mengatakan, dengan kecanggihan smartphone, semua orang bisa menjadi content creator. "Dengan telepon genggam seharga sejutaan pun bisa membuat konten video," kata dia.

Natalia juga menyampaikan, saat ini, banyak aplikasi untuk membuat konten yang tersedia di ponsel. Namun, banyak pula orang memiliki informasi tidak mengolahnya untuk dibuat dalam bentuk konten video karena beberapa hal, dari tidak tahu yang hendak dibuat hingga kekurangmampuan menguasai teknologi.

Baca Juga

AFP/Timur Matahari

Dinkes Sumut Laporkan Kasus Harian Covid-19 Bertambah 16 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 01:05 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melaporkan kasus harian covid-19 di daerah tersebut bertambah sebanyak 16 orang pada...
MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya