Kamis 25 Agustus 2022, 19:53 WIB

Gelar Bimtek, Kementan Dukung Komunitas Anggur di Tangsel

Syarief Oebaidillah | Nusantara
Gelar Bimtek, Kementan Dukung Komunitas Anggur di Tangsel

HO
Bimtek bertanam anggur yang digelar Komunitas Anggur Tangsel, Rabu (24/8).

 

BIMBINGAN Teknis (Bimtek) bertanam anggur yang diikuti aparatur Kelurahan dan Kecamatan se-Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (24/8) di Balai Penyuluhan Pertanian Kota Tangsel mendapat dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan). Bimtek digelar atas prakarsa Komunitas Anggur Tangsel.

Kegiatan ini dalam rangka mensinergikan program 'RW Mantap' (Mandiri Tahan Pangan) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (KP3) kota Tangsel. Acara dibuka Kepala Dinas KP3 Kota Tangsel, Dr Yepi Suherman.

Yepi menyampaikan apresiasi kepada para aparatur kelurahan dan kecamatan se-Tangsel yang antusias hadir mengikuti kegiatan. Ia juga sangat mengapresiasi dukungan pihak Ditjen Holtikultura Kementan RI

"Selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Tangsel, saya berterimakasih kepada Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang menfasilitasi Bimtek Budidaya Anggur yang bekerjasama dengan Komunitas Anggur Tangsel ini," papar Yepi

Dikatakan, Bimtek kali bertujuan agar peserta lebih memahami tentang budidaya anggur yang baik dan benar. "Saya berharap, minimal di kantor kecamatan dan kelurahan dilakukan penanaman anggur. Selain untuk estetika, juga buat contoh bagi warga. Hal ini akan mempermudah pengembangan lebih lanjut di masyarakat," ujar Yepi.

Ia meminta semua pihak berjuang menjadikan Kota Tangsel sebagai kota anggur dengan membuat sentra-sentra produksi di setiap kecamatan dengan varietas anggir berbeda. Hal ini bisa menjadi sektor agrowisata anggur yang akan mendorong ekonomi kreatif masyarakat. "Insya Allah kalau kita punya niat, keinginan, dan kompak, kita bisa," harap Yepi.

Dalam Bimtek kali ini, Teguh Wibowo. S.PT, Kepala Seksi Pertanian DP3 Kota Tangsel, mengutarakan program RW Mantap kepada 75 peserta yang hadir. Pada sesi berikutnya diberikan paparan Dirjen Hortikultura yang disampaikan Sri Haryati, Koordinator Tanaman Terna dan Tanaman Merambat Direktorat Buah dah Florikultura Kementan, seputar program  kementerian terkait dengan tanaman anggur.

Sedangkan, dalam sambutan tertulisnya Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Dr.Ir Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si. mengutarakan  Direktur Jenderal Hortikuktura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto sangat mengapresiasi para penggiat anggur di seluruh Indonesia atas berbagai inisiasi kegiatan yang berdampak pada memasyarakatkan anggur di Indonesia yang hasilnya tidak kalah dengan anggur dari mancanegara.

"Saya berharap bimtek ini dapat dijadikan sebagai tonggak makin masifnya tanaman anggur mendukung ketahanan keluarga di wilayah perkotaan dalam skema urban farming atau pertanian perkotaan," kata Prihasto dalam sambutan tertulisnya seraya mengapresiasi Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia khususnya kepada Tim Komunitas Anggur Tangerang Selatan, Roy Nurdin sebagai Ketua yang telah bersinergi harmonis bersama dalam pengawalan pengembangan hortikultura khususnya anggur di Indonesia, dan Kota Tangsel

Selain meningkatkan kapasitas aparatur kelurahan dan kecamatyan dalam budi daya anggur secara ramah lingkungan, diharapkan bimtek ini menjadi embrio berkembangluasnya anggur di Nusantara. Berbasis Agriculture Food System diantaranya melalui urban farming, semoga bisa bersama branding semua bisa tanam dan semua bisa menikmati.

"Setidaknya secara bertahap dengan ketulusan dan penerapan teknologi moderen dari hulu melalui tata kelola sistem perbenihan yang bermutu, implementasi tata kelola budidaya dan penanganan pasca panen yang baik, hingga hilir termasuk tata kelola penanaganan pengolahan anggur menghasilkan produk turunan yang tetap bernutrisi dan bernilai tambah bagi petani dan pelaku industri serta sistem pemasaran yang berkelanjutan. Insya Allah menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan impor anggur yang saat ini masih cukup tinggi di Indonesia," jelasnya.

Selanjutnya materi tentang teknik budidaya bertanam anggur disampaikan Komunitas Anggur Tangsel. Diawali M Suska Apriza selaku Litbang Komunitas Anggur Tangsel (KAT) yang menyampaikan materi sejarah, syarat tumbuh, dan hal terkait dengan tanaman anggur. Sedangkan Roy Nurdin, selaku Ketua KAT dan Ketua 1 Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia, manyampaikan materi teknik budidaya anggur, dari cangkok, stek sambung, sambung pucuk dan sambung susu ditutup praktek yang setiap kecamatan didampingi seorang mentor. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Anis Efizudin

Pengamat Optimistis Festival Lima Gunung Berpotensis Dikenal Luas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:00 WIB
Festival Lima Gunung di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, bisa berkembang menjadi besar dan dikenal luas karena tumbuh dari...
dok.ist

Komunitas Nelayan Pesisir di Takalar Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:52 WIB
KOMUNITAS Nelayan Pesisir Kabupaten Takalar mengkonsolidasi dukungan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Desa Lakatong, Mangarabombang,...
dok.ist

Tokoh Adat Papua Kutuk Pelaku Korupsi yang Lecehkan Hak Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:44 WIB
DUKUNGAN kepada KPK untuk memberantas korupsi di wilayah Papua terus berdatangan. Kali ini disuarakan oleh tokoh adat Sentani, Boas Assa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya