Selasa 09 Agustus 2022, 17:34 WIB

Babel Waspada Karhultla

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Waspada Karhultla

DOK MI
Ilustrasi

 

BANGKA Belitung (Babel) merupakan  provinsi yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Di musim kemarau potensi kathutla di Babel meningkat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron  Antariksa mengatakan, sejumlah wilayah sudah ada yang melapor terjadinya karhutla. "Bangka dan Belitung serta Bangka Barat sudah ada laporan terjadi Karhutla tapi tidak luas sehingga dapat diatasi tim di lapangan dengan peralatan seadanya," kata Mikron, Selasa (9/8).

Menurutnya mikron dengan kondisi cuaca panas terik di tambah dengan  angin kencang sangat berpotensi karhulta kembali terjadi di wilayah Babel. Untuk itu. Pihaknya selalu menghimbau masyarakat waspada dan tidak membakar sampah atau membuka kebun dengan cara membakar.

"Kalau untuk bakar sampah sebenarnya tidak masalah asalkan di tunggu tapi kalau bukan kebun dengan cara bakar itu dilarang dan dapat di pidana jika merambah ke karhutla," ujarnya.

Ia menambahkan pantauan satelit ada 13 titik panas yang kuat dugaan karhutla tersebar di Bangka, Bangka Barat Bangka Selatan dan Belitung. "Terbanyak di Bangka selatan 7 titik, bangka 1 titik, Bangka Barat 4 titik dan Belitung 2 titik dengan tingkat akurasi 8 dan 9,"ucap dia.

Selain itu, lanjut Mikron, saat cuaca panas dan angin kencang seperti sekarang ini, warga diimbau lebih berhati-hati untuk mencegah karhutla. Seperti membuang putung rokok yang masih ada bara api sembarangan karena bisa mengakibatkan kebakaran.

"Kondisi ilalang dan rerumputan saat ini kering. Sehingga jika ada  putung rokok yang ada bara api dibuang sembarangan, berpotensi membakar, ilalang atau rerumputan," ungkap dia. (OL-15)

Baca Juga

DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Disperindag Jabar Buka Gerai Pertanian di Mal

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:50 WIB
Gerai pertanian pertama dibuka di Cihampelas Walk, salah satu pusat perbelanjaan di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya