Minggu 07 Agustus 2022, 23:25 WIB

Sumut Kebut Vaksinasi Booster Kedua Untuk Nakes

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut Kebut Vaksinasi Booster Kedua Untuk Nakes

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara menggesa vaksinasi booster kedua Covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes). Hal ini dilakukan untuk menguatkan kembali imunitas para nakes dalam menangani pandemi yang belum tuntas.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis mengatakan, pemprov menargetkan 93.508 tenaga kesehatan mendapat vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster ke-2. "Vaksinasi booster kedua ini penting karena nakes merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19," ujarnya, Minggu (7/8).

Dijelaskan, pemprov menggesa vaksinasi booster kedua dengan sasaran sumber daya manusia bidang kesehatan. Kelompok ini dijadikan sasaran karena memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. Booster kedua ini juga untuk menekan jumlah nakes yang terinfeksi Covid-19. Terlebih, imunitas vaksin booster pertama diyakink sudah menurun dalam kurun waktu enam bulan.

Para nakes memerlukan vaksinasi booster kedua untuk menguatkan kembali kekebalan tubuh. Booster kedua dibutuhkan para nakes yang bertugas di dinas kesehatan dan rumah sakit, baik swasta maupun pemerintah, di setiap kabupaten dan kota di Sumut.

Secara teknis, lanjut Ismail, jenis dan dosis vaksin booster kedua yang diberikan kepada nakes mengacu pada Surat Edaran Kemenkes Nomor SR.02.06/C3632/2022 tentang Regimen Kedua (Booster ke-2) bagi SDM Kesehatan. Jika pada vaksin booster pertama menggunakan Moderna, maka pada booster kedua juga menggunakan Moderna. Dengan kata lain, vaksin booster kedua disesuaikan atau disamakan dengan yang booster pertama. Adapun banyaknya dosis yang diberikan pada booster kedua adalah separuh dari booster pertama.

Ismail berharap seluruh nakes di Sumut mengikuti vaksinasi booster kedua dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di tempat bekerja serta di tengah keluarga dan masyarakat. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak berpikir negatif tentang Covid-19.

Adapun cakupan vaksinasi Covid-19 di Sumut dosis pertama per 4 Agustus 2022 sebanyak 11.116.430 (97, 35%), vaksinasi dosis kedua sebanyak 9.520.365 (83,37%) dan vaksinasi dosis ketiga sebanyak 3.421.632 (29,96%). Sementara total tempat tidur pasien covid-19 yang terpakai sebanyak 78 dari 3.853 yang tersedia (BOR 2,02%). (OL-15)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Imigrasi Pekanbaru Amankan 75 WN Bangladesh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:27 WIB
Pengamanan WN Bangladesh tersebut diduga akibat penyalahgunaan izin tinggal, kata Kakanwil Kemenkumham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya