Selasa 26 Juli 2022, 21:14 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan 29 Ton Pupuk Subsidi di Banyuasin

Dwi Apriani | Nusantara
Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan 29 Ton Pupuk Subsidi di Banyuasin

DOK MI
Ilustrasi

 

KEPOLISIAN Resor Banyuasin, Sumatera Selatan berhasil mengungkap upaya penyalahgunaan pupuk subsidi. Pupuk ini disimpan sebuah gudang di Desa Santan Sari, Kecamatan Sembawa, Banyuasin. Dalam penggerebekan tersebut, Polres Banyuasin langsung menyita 29 ton pupuk subsidi siap dijual ke wilayah Musi Banyuasin dan Jambi.

"Kami juga menangkap tiga orang tersangka yakni FR, 36, pemilik gudang, warga Desa Santan Sari, dan dua karyawannya, RS, 24, dan M 44," kata Kasatreskrim Polres Banyuasin Ajun Komisaris Harry Dinar.

Ia menjelaskan, pupuk subsidi yang diperoleh ini yaitu jenis Ponska dan SP36 yang berasal dari Belitang dan Lampung. Kemudian, diubah menjadi pupuk nonsubsidi agar bisa mendapatkan keuntungan. Dalam setiap karung, pelaku mendapatkan keuntungan hingga Rp50.000. "Aksi ini sudah dilakukan mereka sejak empat bulan lalu," terangnya.

Ia menjelaskan setiap karung pupuk yang telah diubah kemasannya menjadi pupuk nonsubsidi, pelaku FR menjualnya kembali seharga Rp300 ribu per karung. Cara pemasaran yang dilakukan FR tidak melalui wiraniaga. FR langsung datang dan memberitahu petani bahwa dia dapat memasok pupuk dengan harga terjangkau.

"Pelaku FR membeli pupuk subsidi seharga Rp250 ribu. Pelaku menjual kembali seharga Rp300 ribu per karung. Jadi, pelaku ini mengambil keuntungan Rp50 ribu per karung," katanya.

Pelaku FR mengambil pupuk subsidi dari Belitang dan Lampung paling sedikit dua ton dan paling banyak sembilan ton. Pupuk ini dibawa ke gudang. (OL-15)

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya