Kamis 21 Juli 2022, 16:31 WIB

Pemkot Sukabumi Tunggu Kiriman Dosis Kedua Vaksin PMK

Benny Bastiandy | Nusantara
Pemkot Sukabumi Tunggu Kiriman Dosis Kedua Vaksin PMK

ANTARA
Vaksinasi PMK pada hewan ternak.

 

PEMERINTAH Kota Sukabumi, Jawa Barat, sudah menyelesaikan pemberian vaksin dosis pertama penyakit mulut dan kuku (PMK), terutama sapi perah. Saat ini masih menunggu pendistribusian dosis vaksin selanjutnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Andri Setiawan menuturkan, kuota vaksin PMK yang diterima Kota Sukabumi tahap awal sebanyak 300 dosis. Karena terbilang sedikit dan cakupan wilayahnya yang cenderung kecil, pemberian vaksinasi bisa diselesaikan sesuai target.

"Alhamdulillah, kalau di Kota Sukabumi sudah selesai. Kami laksanakan sesuai jadwal target yakni pada 27-29 Juni lalu," terang Andri, Kamis (21/7).

Jarak waktu pemberian vaksin dosis kedua dilaksanakan 4 pekan setelah pemberian dosis pertama. Saat ini DPKHP Kota Sukabumi masih menunggu kirimannya dari Pemprov Jabar. "Jumlahnya dosisnya sama dan diberikan kepada sapi yang sama," terangnya.

Andri menuturkan, sebanyak 300 ekor sapi yang mendapatkan vaksin PMK tersebar di 36 peternakan. Vaksin diprioritaskan untuk peternakan rakyat. "Kalau yang peternakan swasta berkala besar vaksinnya dilakukan secara mandiri," jelas Andri.

Di Kota Sukabumi, Andri mengklaim, penyebaran PMK relatif cukup aman terkendali. Artinya, ketika terdapat hewan ternak yang dinyatakan suspek, maka secepatnya dilakukan penanganan. "Alhamdulillah, kalau di Kota Sukabumi cenderung landai. Sejauh ini semuanya bisa tertangani dengan baik," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.Ant

Peredaran 750 liter Miras Captikus ke Gorontalo Digagalkan Polres Bolmong

👤Voucke Lontaan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:00 WIB
PETUGAS Polres Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, gagalkan penyelundupan 750 liter minuman keras tradisional (Captikus) tanpa...
Antara/Bayu Pratama

IKN Nusantara Jadi Harapan Pemerataan Pembangunan

👤Deny Susanto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:34 WIB
Pemindahan ibu kota RI ke Kalimantan Timur membawa dampak pemerataan pembangunan bagi daerah penyangga, antara lain Kalimantan...
MI/Denny S

Rayakan HUT Kemerdekaan ke 77 RI, Nasdem Bali Tanam 3 Ribu Mangrove

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:25 WIB
KADER dan pengurus Partai Nasdem Bali merayakan HUT Kemerdekaan ke 77 RI dengan menanam 3.000 mangrove secara bersamaan pada lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya