Senin 04 Juli 2022, 21:10 WIB

Pasar Murah di Medan, PT AIJ Pasok Cabai Merah dari Tiga Panah

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pasar Murah di Medan, PT AIJ Pasok Cabai Merah dari Tiga Panah

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/
Warga berbelanja cabai di pasar murah

 

 

PT Aneka Industri dan Jasa (AIJ) masih akan melanjutkan pelaksanaan pasar murah cabai merah di Kota Medan, Sumatra Utara, dengan memasok komoditas tersebut dari Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo.

Plt Direktur Utama PT AIJ M Hidayat Nur mengatakan, perusahaannya masih akan memasok cabai merah dari Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, untuk pelaksanaan pasar murah.

"Kita masih mengambil cabai dari Tiga Panah," ungkapnya, Senin (4/7).

PT AIJ sudah membandingkan komoditas cabai merah dari sejumlah daerah di Sumut dan sampai pada kesimpulan cabai dari Tiga Panah adalah yang terbaik dan paling diminati masyarakat. Hal ini juga bagian dari pelaksanaan penugasan dari Pemprov Sumut yang menginginkan agar perusahaan daerah itu memasok cabai dari Kabupaten Karo.

Namun tidak tertutup kemungkinan PT AIJ akan mengambilnya dari daerah lain jika hasil produksi dari Kabupaten Karo tidak lagi memadai. Sumut sendiri masih memiliki sejumlah daerah yang menjadi sentra cabai merah, seperti Humbang Hasundutan, Dairi dan Simalungun.

Dia mengatakan, PT AIJ telah melaksanakan pasar murah selama tiga hari,
yakni pada 29 dan 30 Juni, serta pada 1 Juli 2022. Selama tiga hari itu, PT AIJ menjual lebih dari 300 kg cabai merah senilai 30%-35% lebih murah dari harga pasaran.

Dengan stok 500 kg, PT AIJ menggelar pasar murah di tiga kawasan, yaitu di seputaran Gatot Subroto, Petisah dan Sisingamangaraja.

Hidayat memastikan perusahaannya masih akan melanjutkan pelaksanaan pasar murah tersebut. Pasar murah yang sudah dilaksanakan itu merupakan uji coba. PT AIJ akan mengatur jadwal pelaksanaan pasar murah berikutnya, tetapi kemungkinan besar kegiatan itu akan digelar setiap Rabu.

Dia melihat tren peningkatan harga bahan pokok di Kota Medan terjadi
menjelang akhir pekan. Karena itu perusahaannya berencana menggelar pasar murah setiap Rabu.

Namun dia belum dapat memastikan berapa banyak stok cabai yang disiapkan untuk setiap gelaran pasar murah. Jadwalnya lebih ditentukan pada kondisi pasar.

Serupa dengan pasar murah yang sudah digelar, titik pelaksanaan kegiatan serupa akan diadakan di tempat-tempat padat penduduk dan mudah dijangkau. Termasuk kawasan-kawasan dengan harga cabai merah yang tinggi.

Hidayat juga mengatakan perusahaannya tidak membatasi jumlah pembelian dan kalangan pembelinya. Hal itu karena mereka yakin dalam keseharian,
masyarakat hanya membutuhkan 2-3 kg cabai merah dalam seminggu.

Cabai merah juga tidak dapat disimpan terlalu lama karena akan mengalami pembusukan. Mereka mengetahui kondisi di lapangan sehingga dapat memastikan pihak pembeli adalah untuk kebutuhan sendiri, bukan untuk dijual kembali.

"Kalau ada yang membeli dalam partai besar akan kami tolak karena pasar
murah ini untuk kebutuhan langsung masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Naslindo Sirait, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut,
mengatakan pemerintah provinsi telah menugaskan BUMD menggelar pasar murah untuk komoditas Cabai Merah. Adapun BUMD yang ditugaskan menjadi pelaksana dari kebijakan ini adalah PT AIJ. Seluruh BUMD juga diinstruksikan mendukung PT AIJ menggelar pasar murah.

PT AIJ ditugaskan membeli cabai merah melalui BUM-Des di desa-desa sentra produksi di Kabupaten Karo. Setelah mendapatkannya, mereka langsung melakukan penjualan di Kota Medan melalui pasar murah.

Dalam kebijakan ini PT AIJ diinstruksikan menjual cabai merah di bawah
harga pasar dengan penggantian dana subsidi dari Pemprov Sumut. Kebijakan ini akan terus dilaksanakan sampai waktu yang belum ditentukan.

Pemprov berharap kebijakan ini dapat membantu menekan laju inflasi Sumut yang pada Juni 2022 sudah menembus angka 4,1%. Lonjakan harga
cabai merah berandil besar mendorong laju inflasi. (N-2)

Baca Juga

MI/KRISTIADI/DOK.TAGANA

Dua Kecamatan di Pangandaran Tergenang akibat Luapan Sungai

👤Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:00 WIB
Air kedua sungai itu mulai meluber dan membanjiri wilayah permukiman dan jalan pada Sabtu (13/8) sekitar pukul 13.00 WIB sehingga petugas...
MI/Susanto

Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Padang Tiba di Tanah Air

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:05 WIB
Tampak raut bahagia terlukis dari wajah para jemaah. Ada yang tersenyum sampai terharu mengeluarkan air mata saat bertemu dengan sanak...
MI/YOLANDA

Pembangunan IKN Berjalan, TNI Tambah Personel Pengamanan

👤Yolanda Izabella 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:53 WIB
Operasi tersebut sebenarnya sudah berlangsung sebelum Undang-Undang IKN disahkan DPR...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya