Kamis 26 Mei 2022, 20:10 WIB

APP Sinar Mas Dukung Modifikasi Cuaca di Sumsel dan Jambi

Dwi Apriani | Nusantara
APP Sinar Mas Dukung Modifikasi Cuaca di Sumsel dan Jambi

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Petugas gabungan melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Sumatra Selatan

 

 

OPERASI teknik modifikasi cuaca (TMC) untuk pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan, terutama di lahan gambut di Sumatra Selatan dan Jambi mendapat dukungan penuh APP Sinar Mas, melalui unit usahanya PT Wirakarya Sakti (WKS).

Dua tahun terakhir, APP Sinar Mas-WKS turut berkontribusi dalam
operasi TMC, sehingga jumlah titik panas di Sumsel-Jambi bisa diminimalkan. Tahun ini, TMC dilakukan mulai Selasa (24/5) di dua wilayah itu. TMC akan digelar selama 15 hari.

Menurut Direktur PT WKS Agus Wahyudi, pihaknya mengucapkan terima kasih
kepada pemerintah, yakni Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan instansi terkait, yang telah mengajak bersama-sama melaksanakan penerapan TMC di Sumsel-Jambi tahun 2022.

Di samping upaya melalui TMC tersebut, APP Sinar Mas dan unit usahanya,
terus berkomitmen untuk melakukan upaya pencegahan karhutla, baik di dalam dan di luar kawasan perusahaan. Yakni dengan mempersiapkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

"Di lapangan, di Sumsel-Jambi kami mendukung TMC. Data dan informasi
teraktual di lapangan, akan kami sediakan, yang bisa diperoleh di sekitar areal kami. Rekan-rekan di Sumsel-Jambi, siap mendukung kebutuhan data yang diperlukan. TMC ini akan dilaksanakan selama 15 hari, rencananya telah dimulai Selasa (24/5)," tambahnya.

Sementara itu, Sekjen Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Purwadi Soeprihanto mengungkapkan, seluruh pihak harus bekerja keras dalam rangka minimalkan dan pencegahan karhutla di tahun 2022.

Dia juga berterima kasih pada APP Sinar Mas yang dalam dua tahun terakhir, aktif berpartisipasi dalam kegiatan TMC. Terutama di provinsi yang rentan terhadap karhutla, yakni di Sumsel, Jambi, dan Riau.

"Dukungan dari APP Sinar Mas-PT WKS dalam beberapa tahun terakhir ini,
merupakan bagian dari kontribusi sektor usaha kehutanan. Yakni dalam rangka pengendalian dan pencegahan karhutla. Dalam kolaborasi semua pihak dan dukungan yang baik, hotspot turun cukup tajam dalam dua tahun ini dan tingkat kebasahan gambut tinggi," tandasnya. (N-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya