Senin 23 Mei 2022, 19:14 WIB

Harga Pupuk Non Subsidi Selangit, Petani Kelapa Sawit Di Bangka Menjerit

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Harga Pupuk Non Subsidi Selangit, Petani Kelapa Sawit Di Bangka Menjerit

DOK MI
Ilustrasi stok pupuk.

 

HARGA pupuk non subsidi di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) saat ini melonjak. Petani kelapa sawit pun menjerit dan berharap harga pupuk non  subsidi tersebut segera turun dan stabil.

Sardi, petani sawit di Desa Puding Besar Kabupaten Bangka mengatakan, harga pupuk non subsidi saat ini sangat mahal dan memberatkan  petani. "Memang kalau untuk pupuk subsidi bantuan pemerintah tidak naik, tapi non subsidi naiknya luar biasa dan ini sengat memberatkan petani," kata Sardi, Senin (23/5).

Ia mengatakan, selain menggunakan pupuk subsidi, petani juga menggunakan pupuk non subsidi. Menurutnyak kalau hanya mengandalkan pupuk subsidi tidak cukup.

"Pupuk subsidi ini kita dijatah. Karenanya kita selalu membeli pupuk non subsidi, tapi harga sekarang mahal," ujarnya.

Ia menyebutkan, harga pupuk KCL sebelumnya Rp300 ribu per karung, kini menjadi Rp850 ribu per karung. Kemudian NPK Kebomas dari Rp270 ribu per karung menjadi Rp550 ribu, Pupuk NPK mutiara dari Rp500 ribu per karung menjadi Rp900 ribu perkarung.

"Naiknya luar biasa, dengan harga seperti itu, kami tidak bisa menutupi biaya produksi. Kami berharap agar harga turun dan kembali stabil," terangnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.medcom

Kecelakaan Beruntun Belasan Kendaraan Di KM 92 Cipularang Arah Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:54 WIB
BELASAN kendaraan dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek-Jakarta pada Minggu (26/6)...
dok.ist

OMG Jatim Berharap Ganjar Menjadi Presiden di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 05:50 WIB
ORANG Muda Ganjar (OMG) Jatim menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo dan berharap gubernur Jateng itu menjadi presiden Indonesia...
dok.ist

Gercep, Sandiaga Beri Dukungan UMKM dan Dalang Cilik di Lombok

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 05:17 WIB
Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat, mengunjungi pelaku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya