Jumat 20 Mei 2022, 21:15 WIB

Pemkot Malang Tetapkan 47 Cagar Budaya

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Malang Tetapkan 47 Cagar Budaya

MI/Bagus Suryo
Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang menargetkan tahun 2022 menetapkan Balai Kota Malang sebagai kawasan heritage.

 

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur, menetapkan 47 cagar budaya baru di antaranya berupa benda, situs dan bangunan. Penetapan itu untuk melindungi dan melestarikan warisan sejarah.

Penetapan cagar budaya jenis benda di antaranya Prasasti Widodaren I dan II serta Arca Adhi Kuranandin milik Hotel Tugu, termasuk Yoni Mertojoyo dan Kostum Busana Dara Puspita.

Adapun bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya, yaitu The Shalimar Boutique Hotel, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bromo, SD Kristen Brawijaya, dan Fendy's Homestay.

"Ada perjuangan banyak pihak di balik upaya pelestarian aset sejarah kota kita tercinta," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Jumat (20/5).

Ia menjelaskan pelestarian warisan sejarah terwujud atas upaya serius Pemkot Malang bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), warga dan institusi pemilik aset benda dan bangunan cagar budaya.

Pemkot Malang, lanjutnya, sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Cagar Budaya. Perda itu menjadi regulasi perlindungan aset sejarah termasuk benda, situs dan bangunan cagar budaya.

Baca juga: 4 Bangunan Ini Ditetapkan Sebagai Bangunan Cagar Budaya di Jakarta

Sampai kini, TACB, akademisi, dunia usaha, dan berbagai elemen masyarakat melanjutkan upaya perlindungan terhadap aset-aset sejarah lainnya.

"Kita tidak berhenti di sini, termasuk yang sudah ditetapkan tentunya ada peran kolaborasi semua pihak untuk turut menjaga bersama-sama," imbuhnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Kota Malang Dian Kuntarti menjelaskan masing-masing dari ke-47 cagar budaya yang ditetapkan telah melalui proses pengusulan oleh dinas. Pengusulan dibantu surveyor setelah kajian oleh TACB hingga pada akhirnya keluar Keputusan Wali Kota Malang.

"SK wali kota-nya dibuatkan satu-satu, untuk masing-masing cagar budaya. Unik-unik dan kita senang sekali bisa sampai penetapan," ungkap Dian.

Selama 2022 ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Malang Suwarjana mengatakan bersama TACB sedang mengkaji penetapan Tugu Malang sebagai kawasan cagar budaya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...
MI/HO

Rumah Sakit Siloam Palembang Terbakar

👤Gonti Hadi Wibowo 🕔Selasa 05 Juli 2022, 03:56 WIB
Diduga api berasal dari genset di ruangan lantai dua rumah...
ANTARA/Francisco Carolio

Pemerintah Akan Bangun Tanggul Banjir Rob di Kawasan Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:58 WIB
PEMPROV Sumatera Utara (Sumut) akan merealisasikan pembangunan tanggul untuk menanggulangi banjir rob yang kerap menggenangi kawasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya