Rabu 27 April 2022, 19:02 WIB

Jalan Tol Trans Sumatera Aman Dilewati Saat Mudik Lebaran

Dwi Apriani | Nusantara
Jalan Tol Trans Sumatera Aman Dilewati Saat Mudik Lebaran

ANTARA/Nova Wahyudi
Jalan tol Trans Sumatera.

 

H-5 Lebaran, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menelusuri Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Palembang. Kegiatan ini sebagai upaya meninjau secara langsung seluruh pelayanan dan arus mudik yang berada di Pulau Sumatera, Rabu (27/4).

Di sela-sela kunjungan ini, Moeldoko ingin memastikan bahwa pelayanan mudik yang ada di JTTS tidak ada hambatan dan semua berjalan dengan lancar terutama terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan toilet untuk pemudik di sekitar jalan tol sehingga apabila terjadi kemacetan dapat segera diantisipasi.

"Kami berharap pintu tol yang diprediksi akan mengalami lonjakan yang tinggi jangan sampai kekurangan tenaga, sisanya saya pantau untuk seluruh kesiapannya sudah dipersiapkan dengan matang," tutur Moeldoko.

Moeldoko juga sempat melakukan peninjauan ke Rest Area KM 190 dan KM 234 yang berada di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung. Moeldoko menyarankan Rest Area diharapkan dapat diisi dengan UMKM-UMKM sehingga secara ekonomi dapat dimanfaatkan dengan baik. "Alhamdulillah disini sudah terealisasi lebih dari 30 persrn UMKM," ujar Moeldoko.

Diprediksi bahwa puncak arus mudik ini akan terjadi pada 29-30 April 2022 dimana pada tanggal tersebut sudah dimulai Cuti Bersama Lebaran Tahun 2022 sesuai arahan Pemerintah. "Dalam situasi ini kita harus responsive sehingga seluruh situasi harus dihadapi dengan cepat. Seperti kata Presiden, masyarakat sudah euforia sehingga harus disiapkan dengan detail kemungkinan yang muncul di lapangan dan solusinya," tambahnya.

Di sisi lain, Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan bahwa seluruh pelayanan mudik terkait mudik tahun 2022 ini telah siap dinikmati oleh seluruh pemudik yang ingin melintas.

"Seluruh pelayanan telah siap, berbagai strategi dalam mengantisipasi lonjakan trafik juga telah kami susun. Namun, seluruh masukan yang ada akan kami tampung dan tentunya akan menjadi acuan dalam pelayanan mudik ini terutama apabila terjadi lonjakan seperti yang telah diprediksikan," jelasnya.

Dikatakan, hingga saat ini Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di JTTS semakin meningkat. Rabu (27/4) pagi pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 3.918 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk JTTS, ujar Koentjoro.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya  dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...
Ist

Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Optimalisasi Peran Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:37 WIB
Prevalensi nagka stunting Kota Tomohon sendiri berada di angka 18,3%. Secara nasional, pemerintah menentukan target prevalensi...
MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya