Selasa 19 April 2022, 22:35 WIB

BI Lampung Layani Penukarang Uang di Kapal Sebuku

Cri Qanon Ria Dewi | Nusantara
BI Lampung Layani Penukarang Uang di Kapal Sebuku

MI/CRI QANON RIA DEWI
BI membuka penukaran uang di Kapal Sebuku

 


KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung menyelenggarakan kegiatan Kas Keliling untuk melayani penukaran uang pecahan untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri di Kapal Sebuku yang bertolak dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, ke Pelabuhan Merak, Banten.

Kegiatan bertajuk ‘Serambi Rupiah Ramadan 2002 dan Sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan QRIS‘ dilakukan BI Lampung bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, pada Selasa (19/4).

“Hal ini sejalan dengan fungsi dan peran Bank Indonesia, yakni menjaga dan kebutuhan uang kartal di masyarakat,” kata Kepala Perwakilan BI Lampung, Budiyono.  

Kegiatan yang sama dilakukan BI pada 2019. Namun karena pandemi covid-19 pada 2020 dan 2021 terhenti.

Selain bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, BI Lampung juga melayani penukaran uang dengan perbankan di Provinsi Lampung, yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Lampung di pintu Kedatangan Terminal Penumpang Reguler Pelabuhan Bakauheni.

BI juga melakukan sosialisasi inovasi digitalisasi kepada penumpang kapal terkait penyelenggaraan Sistem Pembayaran, salah satunya dengan mendorong perluasan penggunaan teknologi Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) sebagai kanal pembayaran.

Pada 2022, secara nasional pengguna baru QRIS ditargetkan sebanyak 1,5 juta pengguna. “Kegiatan ini sekaligus dapat menjadi wadah edukasi kepada masyarakat terkait cinta, bangga, dan paham rupiah dan mendorong penggunaan QRIS di kalangan masyarakat,” jelas Budiyono.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Suharto mengungkapkan pihaknya terus melakukan inovasi, salah satunya dalam bentuk aplikasi Frizy. Hal itu merupakan wujud nyata program digitalisasi ASDP dalam mengubah kultur pengguna jasa penyeberangan laut.

Frizy, ujarnya, untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket berjadwal di manapun dan kapan pun, mendapat informasi terkait layanan pelanggan, fasilitas pelabuhan maupun kapal, serta persyaratan penyeberangan. (N-2)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya