Selasa 04 Januari 2022, 16:55 WIB

Capaian Vaksinasi Lansia di Atas 60%, Kota Tasikmalaya Masuk Level 1

Kristiadi | Nusantara
Capaian Vaksinasi Lansia di Atas 60%, Kota Tasikmalaya Masuk Level 1

MI/Andri W
Vaksinasi pada lansia

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat, terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dan lanjut usia (lansia) di awal tahun 2022. Pelaksanaan vaksin yang dilakukan terhadap masyarakat umum sekarang sudah mencapai 72,24% atau 404.747 jiwa dan sekarang telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) 1.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit pada Dinas Kesehatan (P2P) Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan petugas bersama TNI dan Polri sekarang memenuhi capaian target bagi masyarakat umum telah mencapai 72,24% dan lansia 61,14%. Namun, pada pemberlakukan perpanjangan masa PPKM di Jawa dan Bali ada beberapa daerah sudah masuk level 1.

"Pemberlakuan perpanjangan PPKM level 1 di Jawa dan Bali yang masuk di antaranya Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis. Namun, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan terus dilaksanakan termasuk vaksinasi anak berusia 6-11 tahun rencananya dimulai minggu depan setelah kegiatan sekolah masuk," katanya, Selasa (4/1/2022).

Ia mengatakan, vaksinasi terhadap lansia dan masyarakat umum sekarang masih dilakukan oleh petugas gabungan secara door to door di setiap perkampungan tetapi selanjutnya bagi anak usia 6-11 tahun akan direncanakan pada minggu depan. Akan tetapi, sekarang di setiap puskesmas juga sudah mulai melakukan dan mereka tetap didampingi oleh para orang tua terutama saat melakukan vaksinasi.

"Kota Tasikmalaya akan melakukan kick off vaksinasi terhadap anak berusia 6-11 tahun rencananya itu akan dilaksanakan mulai pada minggu depan tepatnya di tanggal 12 Januari 2022. Namun, dengan masuknya level 1 agar masyarakat tetap menerapkan prokes ketat mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas karena penyebaran virus korona masih belum terkendali," ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi terhadap masyarakat umum dan lansia untuk sekarang masih tetap dilaksanakan oleh petugas kesehatan dibantu TNI dan Polri mengingat masih banyak belum divaksin tetapi berbagai langkah dilakukannya dengan door to door. Karena, dengan capaian vaksinasi karena adanya kerja sama dilakukan secara bergotong royong di antaranya RT, RW, Camat dan lurah mengerahkan warganya.

"Petugas kesehatan sekarang tetap berupaya melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia dan masyarakat umum guna meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity. Namun, kami juga tetap meminta supaya masyarakat jangan lengah dan tetap menerapkan prokes agar terhindar dari varian baru seperti halnya omikron dan virus korona tapi Satgas Covid-19 tetap harus melakukan edukasi supaya warga bisa disiplin," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

ANTARA

Sapi Terjangkit PMK di Cianjur Jalani Masa Karantina

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:22 WIB
TIM Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengambil langkah isolasi terhadap hewan ternak sapi yang...
dok.ist

Emak-emak Jabar Pilih Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:44 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi Presiden Indonesia di...
DOK MI.

26 Orang Hilang setelah Feri Tenggelam di Selat Makassar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:05 WIB
Pekan lalu, feri yang membawa lebih dari 800 orang kandas di perairan dangkal di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan terjebak selama dua hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya