Selasa 04 Januari 2022, 13:40 WIB

Desa Sukamulya Terima Bantuan Perbaikan 40 Unit Rutilahu dari Pemprov Jabar

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Desa Sukamulya Terima Bantuan Perbaikan 40 Unit Rutilahu dari Pemprov Jabar

MI/Benny Bastiandy
Sejumlah warga bergotong royong memperbaiki rumah tidak layak huni di Desa Sukamulya Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,

 

JUMLAH rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Sukamulya, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, relatif masih cukup banyak. Hingga saat ini, jumlahnya yang terdata di pemerintah desa setempat lebih kurang sebanyak 80 unit.

Kepala Desa Sukamulya, Syaripudin, mengaku berbagai bantuan dari pemerintah sangat diharapkan untuk menangani masalah rutilahu. Tahun ini, Desa Sukamulya mendapat bantuan perbaikan rutilahu yang biayanya bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Kami mendapat bantuan perbaikan sebanyak 40 unit rutilahu dari Pemprov Jabar," kata Syaripudin kepada Media Indonesia, Selasa (4/1).

Anggaran yang dialokasikan untuk satu unit perbaikan rutilahu sebesar Rp17.500.000. Rinciannya, sebesar Rp16,5 juta dialokasikan membeli material bangunan dan sisanya Rp1 juta untuk upah dan pengadministrasian.

"Tidak ada pengenaan biaya apapun bagi KPM (keluarga penerima manfaat) yang mendapat bantuan rutilahu. Malahan kita bergotong royong karena ini kan sifatnya stimulan. Jadi kita bantu secara swadaya. Kalau berhitung tentu tidak akan cukup. Upah kerjanya saja hanya Rp700 ribu," tegas Syaripudin.

Ia berharap setiap tahun Desa Sukamulya bisa mendapatkan bantuan perbaikan rutilahu. Sehingga kurun beberapa tahun ke depan masalah rutilahu bisa segera dientaskan. "Pada 2020 juga kita mendapatkan bantuan untuk 20 unit rutilahu," ucapnya.

Syaripudin belum bisa memastikan penuntasan bagi puluhan unit rutilahu lainnya. Namun pengajuan sudah diusulkan melalui Pemerintah Kabupaten Cianjur. "(Sisanya) belum tahu. Baru pengajuan. Mudah-mudahan saja bisa terealisasi pengajuannya," pungkasnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sukamulya, Asep Misbah, menambahkan kriteria penerima bantuan rutilahu tentu dari kondisi bangunan rumahnya tidak layak serta merupakan warga kurang mampu. Bantuan yang diterima KPM pun tidak berupa dana cash, tapi sudah berbentuk bahan material.

"Ini kan programnya tidak berupa uang, tapi yang diterima KPM bahan material. Cuma ada HOK (hari orang kerja/upah) Rp700 ribu dan BOP (biaya operasional) Rp300 ribu," terang Asep. (BB/BK/OL-10)


 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Ekspor CPO Kembali Dibolehkan, Polda Sumut Perketat Awasi Distribusi Minyak Goreng

👤Apul Iskandar 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:00 WIB
Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengajak semua pihak khususnya di Sumatera Utara untuk mendukung kebijakan strategis...
dok.Komunitas Nelayan Sulsel

Komunitas Nelayan Sulsel Deklarasikan Ganjar Jadi Presiden 2024

👤Lina Herlina 🕔Minggu 22 Mei 2022, 23:11 WIB
KOMUNITAS Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia...
DOK/HUMAS POLRESTA BANDUNG

Polresta Bandung Tangkap 8 Pelaku Pembunuhan

👤Naviandri 🕔Minggu 22 Mei 2022, 19:00 WIB
Kedelapan pelaku mengeroyok hingga membuat korban menderita luka berat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya