Sabtu 04 Desember 2021, 12:00 WIB

Inilah Daftar Sungai Terpanjang Di Indonesia

Abdullah Aziz Rajudin | Nusantara
Inilah Daftar Sungai Terpanjang Di Indonesia

dok.Ant
Sebuah kapal wisata melintas di Masjid Sultan Syarif Abdurrahman saat senja di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (29/4/2021)

 

INDONESIA merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sungai dengan berbagai ukuran baik besar atau kecil. Sungai-sungai  mengalir dengan panjang ratusan kilometer, dan memiliki sejarah dan keunikan tersendiri.

Sungai telah dimanfaatkan sebagai jalur transportasi oleh beberapa daerah di Indonesia. Khususnya, masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah dengan sungai terpanjang di Indonesia.
 
Berikut 5 sungai terpanjang di Indonesia yang sudah dilansir dari beberapa sumber.

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas yang berada di Provinsi Kalimantan Barat merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Total panjang Sungai Kapuas mencapai 1.143 kilometer. Sungai Kapuas dimulai dari Pegunungan Muller hingga Selat Karimata (Laut China). Sungai Kapuas melintasi sejumlah daerah. Masyarakat pun menjadikan jalur transportasi di sungai tersebut. Bahkan daerah-daerah di tepi sungai dijadikan sebagai obyek wisata menyusuri Sungai Kapuas.

Banyak daerah di pinggir sungai yang disulap menarik untuk pariwisata. Hutan yang masih terlindungi dengan baik ikut menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memuji pengembangan daerah di tepian Sungai Kapuas, yakni Kampung Nelayan Beting dan Waterfront City. Sebelumnya rumah-rumah di sana membelakangi sungai. Sekarang sudah menghadap ke sungai.

2. Sungai Mahakam

Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan mempunyai panjang 920 km. Di sini terdapat habitat hewan langka, yaitu Pesut Mahakam.

Selain itu, Sungai Mahakam juga mempunyai peran penting bagi masyarakat sebagai jalur transportasi, sumber air. Dikutip dari Jurnal Iktiologi Indonesia, Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang di Provinsi Kalimantan Timur . Luas wilayah yang dilalui Sungai Mahakam sekitar 41% dari luas wilayah Provinsi Kalimantan Timur

Sungai Mahakam menjadi habitat berbagai spesies ikan. Pada aliran Sungai Mahakam mulai dari Kecamatan Melak di bagian hulu hingga kota Samarinda di bagian hilir, ditemukan 174 spesies ikan dan 9% di antaranya adalah spesies endemik.

Status konservasi spesies ikan berdasarkan daftar merah International Union for Conservation of Nature IUCN, ditemukan ada dua spesies di sungai ini yang masih kekurangan data. Selain itu, enam spesies berisiko rendah, satu spesies hampir terancam, satu spesies terancam, dan 16 spesies ikan belum terdaftar.

3. Sungai Barito

Masih dalam jajaran sungai yang terletak di Provinsi Kalimatan, sungai selanjutnya adalah Barito. Terbentang dari Provinsi Kalimantan Tengah sampai Kalimantan Selaatan membuat sungai Barito menempati urutan ketiga dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Barito memiliki total panjang 909 km dengan sumber aliran air di Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa.

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir hingga Jambi.  Sungai ini mengalirkan air dar Gunung Rasan sampai Laut China Selatan. Sungai tersebut memiliki panjang mencapai 800 kilometer. Sebagian area Sungai Batanghari termasuk dalam kawasan Taman Kerinci Seblat. Di sana terdapat pertambangan dan kegiatan eksploitasi hutan. Itu berdampak terhadap perubahan arus sungai, erosi di tepian sungai, pendangkalan atau sendimentasi tinggi.

5. Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer dan berada di Sumatera Selatan. Sungai tersebut mengalirkan air dari mata air di kawasan Kepahiang (Bengkulu) hingga ke Selat Bangka. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah. Sehingga dibangun Jembatan Ampera yang menghubungkan dua wilayah tersebut. Jempatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Sejak dulu zaman Kerajaan Sriwijaya hingga saat ini Sungai Musi terkenal dengan sarana transportasi utama bagi masyarakat. (OL-13)

Baca Juga: Usai Sembuh Covid-19 Timbul Reumatik, Ini kata Dokter Spesialis

Baca Juga

AFP

Omikron Masuk Semarang, Pemkot Ambil Langkah Antisipatif

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 17:48 WIB
OMIKRON sudah masuk Kota Semarang, Jawa Tengah setelah enam warga terkonfirmasi covid-19 varian baru...
ANTARA

Besok, Pemkot Bandung Lakukan Tes PCR ke Sekolah

👤Naviandri 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 17:38 WIB
Pemkot Bandung, Jawa Barat akan melakukan tes PCR acak di sejumlah sekolah menyusul ditemukannya 6 orang warga Kota Bandung positif varian...
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya