Rabu 16 Juni 2021, 23:46 WIB

Lamongan Bersama Perbankan Canangkan Penanaman 1.400 Bambu

M Yakub | Nusantara
Lamongan Bersama Perbankan Canangkan Penanaman 1.400 Bambu

MI/M Yakub

 

PEMKAB Lamongan, Jatim, menyiapkan 1.400 batang pohon bambu untuk ditanam di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat. Program tersebut bagian dari pencanangan Gerakan Menanam Pohon Bambu di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Tambakrigadung Kecamatan Tikung, Rabu (16/6) siang.

Langkah ini sebagai upaya penanggulangan berbagai bencana di wilayah tersebut. Gerakan peduli bencana alam itu dicanangkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Wabup Abdul Rouf dan Pimpinan Wilayah BRI Surabaya Triswahyu Herlina di TPA Tambakrigadung.

Pemkab juga telah menyiapkan sebanyak 1.400 pohon bambu guna mendukung kegiatan yang  juga dilaksanakan di empat kecamatan berbeda di Kabupaten Lamongan. Meliputi Kecamatan Tikung, Kembangbahu, Sugio, dan Sukodadi.

Baca Juga: Lamongan Jadi Percontohan Sekolah Orang Tua Hebat

Bupati Yuhro mengatakan, gerakan tanam pohon ini diinisiasi Kanwil BRI Surabaya. Menurut dia, selain sebagai bentuk pemulihan ekosistem, juga sebagai bentuk pengembalian fungsi ekosistem untuk menciptakan penghidupan berkelanjutan.

Begitu pula pemilihan pohon bambu, kata Bupati, merupakan jenis tanaman yang tepat dan efektif. Karena selain memiliki resapan air paling bagus, bambu juga dapat menangkal berbagai bencana. Antara lain, tanah longsor dan bencana angin puting beliung. 

''Kenapa harus bambu? Yang saya tahu, bambu ini lebih efektif dibanding pohon lainnya untuk mendapatkan udara lebih jernih dan bersih. Akan sangat sesuai dengan kondisi tanah kita. Secara spesifik bambu ditanam untuk menangkal tanah longsor dan angin puting beliung dan menangkal radikal bebas. Pohon bambu juga terbukti kuat,'' ungkap Yuhro.

Bupati juga mengungkapkan, penanaman pohon di TPA Tambakrigadung ini selain bermanfaat untuk merestorasi ekositem juga dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat. ''Seperti yang kita tahu, banyak sekali kemanfaatan pohon bambu, mulai dari akarnya, batangnya bisa dimanfaatkan semuanya,'' terangnya. (M Yakub/YK/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/HO-Humas Polres Bintan

Polres Bintan Amankan Pemilik 2 Kilogram Sabu dan Pil Ekstasi di NTB

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 03:50 WIB
Kapolres Bintan AKBP Sugihartono mengatakan pelaku diamankan setelah pihaknya berkoordinasi dan bekerja sama dengan Ditpolair Polda NTB...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/

Pelaku Usaha Tidak Setuju Syarat Sertifikat Vaksin untuk Masuk Mal

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:35 WIB
Di pusat perbelanjaan itu sangat ketat penerapan protokol kesehatan dibandingkan dengan pasar tradisional dan pusat kerumunan yang...
MI/BAYU ANGGORO

Organisasi Masyarakat Soroti Capaian Vaksinasi di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:20 WIB
Sejumlah persoalan masih jadi kendala vaksinasi di Jawa Barat, sehingga mengakibatkan capaian vaksinasi masih...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya