Kamis 20 Mei 2021, 11:06 WIB

BNPB Kucurkan Dana Rekonstruksi Pasca Bencana Kalsel Rp66 Miliar

Denny S | Nusantara
BNPB Kucurkan Dana Rekonstruksi Pasca Bencana Kalsel Rp66 Miliar

Antara
Banjir bandang di Kalimantan Selatan awal 2021 lalu.

 

PEMERINTAH pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengucurkan dana rekonstruksi pasca bencana kepada lima kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar Rp66 miliar. Dana tersebut diperuntukan bagi rekonstruksi atau perbaikan rumah 3.942 keluarga terdampak bencana banjir pada awal 2021 lalu.

Lima kabupaten/kota yang mendapat kucuran anggaran rekonstruksi pasca bencana ini meliputi Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Tengah, Tanah Laut dan Balangan. Bantuan BNPB ini disampaikan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB, Rifai, pada rapat koordinasi finalisasi penyaluran bantuan perumahan akibat bencana banjir Kalimantan Selatan, kemarin.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, Kamis (20/5)  mengatakan, dana bantuan bencana dari pemerintah pusat ini merupakan bantuan tahap pertama bagi warga korban bencana banjir. "Kita meminta BNPB mengawasi untuk memastikan agar tata kelola dana ini bisa sesuai  ketentuan mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan nanti," tuturnya.

Ditegaskan Roy dana bantuan yang telah ditransfer ke daerah itu untuk pembangunan rumah saja. Sedangkan biaya pendampingan, monitoring akan didukung menggunakan dana pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB, Rifai, mengatakan sejauh ini dari 12 kabupaten/kota diusulkan baru 5 daerah yang dapat direalisasi bantuan bagi rekontruksi infrastruktur dan pemukiman.

"Ada 3.942 keluarga terdampak bencana yang menerima alokasi anggaran sebesar Rp66 miliar. BNPB akan mengawal agar yang menerima benar-benar yang berhak," ucapnya.

Bencana banjir besar di Kalsel pada awal 2021 melanda 11 kabupaten/kota dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp1,3 trilun. BPBD Kalsel mencatat jumlah korban banjir tercatat lebih 600 ribu jiwa dan 46 orang meninggal dunia. (OL-13)

Baca Juga: Sultan HB X Minta Indonesia Raya Diperdengarkan Setiap Pagi

 

Baca Juga

Antara

Usai Lari pagi, Wapres Datangi Nelayan Pulau Cangkir

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:45 WIB
Tak hanya menyapa, Ma’ruf dan Wury pun turut membeli ikan-ikan segar yang ditawarkan para...
Ilustrasi

78,68 Persen Warga Bangka Tengah Sudah Divaksinasi Dosis I

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:29 WIB
Ia mengatakan, dari 120.594 warga yang sudah divaksin, baru sebanyak 97.513 warga mendapatkan vaksin...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Jabar Rebut Simpati Lewat Aksi Sosial 

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:15 WIB
Perwakilan DPW Sahabat Ganjar MIla Kurnia Jawa Barat mengatakan, semua aktivitas dilakukan dengan melakukan kegiatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya