Kamis 22 April 2021, 13:28 WIB

Bupati: Perempuan Kab Jayapura Harus Inspirasi Ketokohan Kartini

mediaindonesia.com | Nusantara
Bupati: Perempuan Kab Jayapura Harus Inspirasi Ketokohan Kartini

DOK PEMKAB JAYAPURA

 

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw diwawancarai usai menghadiri peringatan ke-124 tahun Hari Kartini, di Ballroom Lantai III Hotel HoreX Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/4/2021)
 


BUPATI Jayapura Mathius Awoitauw sangat mengharapkan kaum perempuan atau wanita-wanita zaman sekarang yang ada di Kabupaten Jayapura dapat menginspirasi ketokohan dan karya-karya dari tokoh emansipasi wanita di Indonesia yakni, R. A. Kartini.

"Perempuan dari Kabupaten Jayapura dapat memberikan kontribusi di berbagai bidang bagi bangsa dan Negara. Karena sejatinya setiap perempuan bisa dan mampu menjadi Kartini dengan cara dan upaya masing-masing. Selain itu, dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan pembangunan dan bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Papua," kata Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan usai menghadiri Peringatan Hari Kartini ke-142, di Hotel HoreX, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/4/2021).

Bupati Mathius menuturkan, setelah mendengar secara seksama risalah lengkap yang menceritakan tentang seorang R. A. Kartini, diketahu bahw dia adalah seorang perempuan yang lahir dan tumbuh di lingkungan adat yang kuat. Artinya, Kartini adalah perempuan adat.

"Hal tersebut harus menjadi motivasi tersendiri bagi kaum perempuan yang ada di daerah ini. Sebab, Kabupaten Jayapura merupakan satu-satunya daerah atau kabupaten di Papua yang dalam kebijakan daerahnya telah memberikan ruang kepada adat untuk mengekspresikan potensi adat, termasuk memberikan ruang kepada kaum perempuan untuk mengabdikan diri pada semjumlah jabatan strategis di daerah ini," katanya.

Hari Kartini selalu diperingati, kata Mathius, untuk melihat kedudukan perempuan di keluarga, komunitas dan masyarakat. Akan tetapi, juga mengenang RA Kartini yang menginginkan perempuan harus memiliki kemandirian ekonomi.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw mengakui bahwa saat momentum peringatan Hari Kartini ini, perempuan harus terus bertahan menjadi perempuan-perempuan hebat. Perempuan yang bekerja di kebun, di danau atau di mana saja bekerja demi mencukupkan kebutuhan suami dan anak-anak.

“Jangan kita rayakan Hari Kartini hanya sebatas seremonial saja, tapi itu kita harus merenungkan dalam hati kita bagaimana kedepan kita menghadapi tantangan yang ada dan terus mengerjakan program-program yang diturunkan oleh pemerintah bagi setiap organisasi perempuan di daerah ini,” cetus Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura tersebut.

Hari Kartini, kata Magdalena, dapat dijadikan motivasi dan pelita yang tak pernah padam dan selalu bersinar bagi seluruh kaum perempuan dalam meningkatkan pendidikan dan kecerdasan, serta emansipasi di berbagi bidang. (RO/OL-10)

Baca Juga

Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...
DOK

Proses Hukum Kasus Narkoba Sekda Nias Utara Diminta tetap Berjalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:40 WIB
Sebagai ASN tertinggi di Nias Utara seharusnya Yafeti menjadi teladan bagi masyarakatnya. Bukan malah melakukan tindakan tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya