Kamis 15 April 2021, 13:47 WIB

Nelayan Korban Bencana Mulai Evakuasi Serpihan Perahu

Palce Amalo | Nusantara
Nelayan Korban Bencana Mulai Evakuasi Serpihan Perahu

MI/Palce Amalo
Nelayan evakuasi serpihan perahu

 

NELAYAN di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4), mulai mengumpulkan serpihan perahu milik mereka yang hancur dan tenggelam akibat dihantam siklon seroja pekan lalu. Antara lain di perkampungan nelayan Oeba, Kelurahan Fatubesi dan area Pelabuhan Perikanan, Kelurahan Tenau.

Di Tenau terdapat sedikitnya 150 perahu nelayan hancur dan tenggelam, sedangkan di Oeba, sekitar 20 perahu nelayan tenggelam. Di dua lokasi tersebut, nelayan yang perahunya rusak, ramai-ramai menyelam untuk mengevakuasi serpihan perahu dari dalam air, seperti bodi, tiang, mesin, dan pukat.

"Perahu saya hancur dan tenggelam besama dua mesin 30 pk, saat ini mesin belum bisa diangkat," kata Ali Umar, nelayan di Oeba yang kehilangan satu dari dua perahu miliknya.

Ali mengatakan, saat badai, ratusan perahu nelayan berlabuh di kolam labuh Tempat Pelelangan Ikan Oeba, sebanyak 20 perahu di antaranya hancur dan tenggelam karena terbentur dermaga dan perahu lain, sedangkan puluhan perahu lainnya mengalami kerusakan ringan.

Baca juga: Pesan WA BMKG Selamatkan Warga Kampung Nelayan dari Siklon Seroja

Nelayan lainnya, Stefan Boger, kehilangan perahu berkapasitas 10 GT tenggelam di kolam labuh Pelabuhan Tenau Kupang. Di lokasi itu, tercatat 150 perahu nelayan hancur dan tenggelam.

"Setiap hari kami menyelam untuk menarik kembali lampara dan mesin perahu yang masih ada di dasar laut. Ada puluhan mesin saat ini belum bisa diangkat," katanya.

Stefan bersama nelayan lainnya sudah minta bantuan ekscavator untuk mengangkat mesin perahu, tetapi bantuan yang ditunggu belum juga datang.

"Perahu sudah hancur. Kami berharap bantuan perahu dan alat tangkap dari pemerintah, apalagi sebagian besar teman-teman mempunyai kredit di koperasi dan bank," ucapnya.(OL-5)
 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kader PPP Miliki Kesempatan Sama Maju di Muswil Sumatra Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:15 WIB
"Saya sudah berbicara dengan Ketum (Suharso Monoarfa) agar Sumut menjadi contoh muswil yang aman dan lancar, tidak ada calon titipan...
MI/Widjajadi

Stok Plasma Konvalesen Kosong, PMI Surakarta Ajak Donatur Berdonor

👤Widjajadi 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:19 WIB
PMI Kota Solo menyerukan para pendonor plasma konvalesen (PK) bisa aktif kembali, seiring habisnya stok plasma konvalesen per 15 Mei 2021....
Dok. Humas Pemkab Gowa

Pemkab Gowa Perketat Akses Masuk ke Wisata Alam Malino

👤Lina Herlina 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, upaya memperketat wisatawan yang masuk ini dalam rangka menghindari munculnya klaster baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya