Senin 05 April 2021, 11:35 WIB

Medsos Bisa Jadi Sarana Positif untuk Berwiraswasta

Mediaindonesia.com | Nusantara
Medsos Bisa Jadi Sarana Positif untuk Berwiraswasta

Dok.Pribadi
Nanda Adi Surya (kedua darii kiri) dan istri Putri Rachmadia (kiri) berfoto dengan penyanyi Anji (kedua dari kanan).

 

PEMBANGUNAN infrastruktur yang digenjot pemerintah di berbagai daerah di Tanah Air, bukannya tanpa tujuan. Selain untuk pemerataan pembangunan, juga untuk memudahkan masyarakat yang ingin berusaha.  Dengan begitu ke depan diharapkan akan muncul pusat-pusat pertembuhan di berbagai penjuru.  Hal itu diakui enterpreneur muda Nanda Adi Surya.

Menurutnya, saat ini masyarakat di daerah tidak perlu harus ke Jakarta untuk berusaha, karena di daerah pun infrastukturnya sudah bagus. Ditambah lagi kini orang juga tidak mesti harus mempunyai toko untuk berusaha, karena mereka bisa berjualan lewat online. Pria yang sudah belajar bisnis perawatan wajah dan tubuh sejak duduk di  bangku SMA  sejak di bangku SMA pada 2015 silam itu mengaku kini mulai menuai hasil usahanya.

Baca juga: Lima Program Pemerintah Bangkitkan UMKM

Pria yang juga memiliki hobi di bidang otomotif ini menuturkan bahwa dirinya dalam menjalankan bisnis selalu menggunakan kekuatan dari media sosial dan kerap membuat konten untuk strategi marketing. Hasilnya, kini ia juga telah mempunyai dua cabang klinik kecantikan di Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur.

“Kita mulai dari nol, awalnya dulu istri saya menyukai bidang kecantikan, khususnya di perawatan wajah dan tubuh, jadi saya putuskan coba untuk berjualan produk skincare dan kosmetik secara online,” ujar Nanda Adi.

Menurut dia, keuntungan dari mulai berbisnis sejak muda adalah dirinya menjadi terbiasa kerja keras, kreatif, dan bekerja keras. "Semua itu modal seorang pengusaha," katanya.

Meski begitu diakuinya perjalanan bisnisnya tidak semudah dibayangkan.  Mereka juga sempat jatuh bangun dan pernah juga ditipu rekan bisnis, hingga akhirnya harus memulai dari awal kembali.

Selain itu saat memulai bisnis ia tidak memiliki karyawan, bahkan bisnis tersebut dijalankan hanya berdua dengan Putri Rachmadia,  yang kala itu masih menjadi pacarnya. Seiring berjalannya waktu, berkat ketekunan yang mereka lakukan, kini Adi dan Putri telah memiliki karyawan hingga 70 orang, dan mampu menjual ratusan ribu paket setiap bulan melalui toko online.

“Namun seiring waktu, kami terus belajar dari pengalaman. Pengalaman itulah yang membuat saya untuk memiliki mental baja. Karena saya selalu yakin bahwa kami masih memiliiki waktu, usaha, kemampuan dan kesempatan untuk memulai kembali,” ujarnya.

Ia pun memberikan tips untuk para anak muda yang ingin memulai bisnis, yakni jangan pernah takut gagal. Mulailah dan jadilah anak muda yg berambisi, innovatif dan kreatif untuk manjadi pebisnis muda di era 5.0. (RO/A-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kader PPP Miliki Kesempatan Sama Maju di Muswil Sumatra Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:15 WIB
"Saya sudah berbicara dengan Ketum (Suharso Monoarfa) agar Sumut menjadi contoh muswil yang aman dan lancar, tidak ada calon titipan...
MI/Widjajadi

Stok Plasma Konvalesen Kosong, PMI Surakarta Ajak Donatur Berdonor

👤Widjajadi 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:19 WIB
PMI Kota Solo menyerukan para pendonor plasma konvalesen (PK) bisa aktif kembali, seiring habisnya stok plasma konvalesen per 15 Mei 2021....
Dok. Humas Pemkab Gowa

Pemkab Gowa Perketat Akses Masuk ke Wisata Alam Malino

👤Lina Herlina 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, upaya memperketat wisatawan yang masuk ini dalam rangka menghindari munculnya klaster baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya