Kamis 01 April 2021, 16:47 WIB

Lima Program Pemerintah Bangkitkan UMKM

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Lima Program Pemerintah Bangkitkan UMKM

Youtube Media Indonesia.
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kemenkop UKM Rulli Nuryanto dan Ketua Dewan Redaksi Media Group Usman Kansong dalam Indonesia Bicara.

 

PEMERINTAH menyiapkan lima program strategis utama yang akan didorong untuk membantu memulihkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya meningkatkan kemitraan usaha antara usaha mikro kecil dan usaha menengah dengan usaha menengah dan besar.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kemenkop dan UKM Rulli Nuryanto menyebutkan itu dalam webinar Indonesia Bicara: Membangkitkan Potensi UMKM yang diadakan Media Indonesia, Rabu (1/4). Kedua, lanjutnya, meningkatkan kapasitas usaha dan akses pembiayaan-pembiayaan bagi wirausaha.

"Ketiga yakni meningkatkan kapasitas jangkauan dan inovasi koperasi. Keempat, meningkatkan penciptaan ruang usaha dan start-up dan terakhir meningkatkan nilai tambah usaha yang bersifat sosial," kata Rulli. "Program-program ini nanti secara lebih teknis tentu dijabarkan dalam program-program yang akan dilakukan oleh unit-unit Kementerian Koperasi dan UKM."

Selain itu, Kemenkop dan UKM memiliki Badan Layanan Umum (BLU) atau lembaga pengelola dana bergulir UKM yang saat ini difokuskan membantu koperasi. Nanti pelaku usaha mikro kecil didorong agar bisa bergabung ke koperasi.

Menurutnya, hal itu diperlukan karena para pelaku UKM harus berusaha sendiri bahkan saling bersaing satu sama lain dan skala usaha yang tidak besar sehingga sulit berkembang. Karenanya perlu wadah untuk mendorong kemajuan UKM dan koperasi. "Nanti pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM lebih mudah mengintervensi dalam hal ini untuk memberikan bantuan-bantuan permodalan," ucapnya.

Rulli juga menyampaikan rencana pemerintah untuk memberikan modal wirausaha bagi pemula hingga Rp7 juta. "Program itu masih kami godok per orang itu bisa mencapai maksimal Rp7 juta. Itu untuk mendorong anak muda kita yang ingin menjadi wirausaha," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

BPMI Setpres

Penguatan Kerja Sama BIMP-EAGA Kunci Pemulihan Ekonomi Kawasan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:39 WIB
Ia meyakini bahwa penguatan kerja sama yang konkret dapat membantu pemulihan...
DOK/BANK BJB

Bank BJB Meluncurkan New Digi dan DigiCash

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:15 WIB
Peluncuran new digital payments ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan layanan digital Bank BJB kepada masyarakat dan...
DOK IST

Milenial Mulai Tertarik Investasi

👤Gana Buana 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:00 WIB
Didorong oleh sejumlah faktor, terutama soal kondisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya