Senin 22 Maret 2021, 13:04 WIB

Bulog Rejang Lebong Targetkan Penyerapan Beras di Tiga Kabupaten

Marliansyah | Nusantara
Bulog Rejang Lebong Targetkan Penyerapan Beras di Tiga Kabupaten

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Pekerja menata karung berisi beras di Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (18/3/2021).

 

PERUM Bulog Cabang Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan menargetkan penyerapan atau pembelian beras petani di tiga kabupaten sebanyak 2.273 ton pada 2021. 
     
"Penargetan penyerapan beras petani sebanyak 2.273 ton karena sejumlah sentra pertanian padi dalam beberapa kecamatan di tiga kabupaten tersebut mulai memasuki musim panen padi dan diperkirakan pada April nanti sudah masuk panen raya," kata Kepala Cabang Perum Bulog Rejang Lebong, Guslindawati di Bengkulu, Senin (22/3).

Pembelian beras dengan kualitas medium dan premium untuk memenuhi kebutuhan komersial. Beras petani yang diserap kebanyakan berasal dari dua kabupaten yakni, Lebong, dan Kepahiang. Sedangkan beras dari Kabupaten Rejang Lebong, jumlahnya sedikit dan harga jual beras petani yang dipatok atau dijual ke Bulog lebih tinggi dari harga di dua kabupaten tersebut.
     
Beras petani yang dibeli oleh Bulog Kabupaten Rejang Lebong tersebut dibeli melalui usaha penggilingan padi yang ada di masing-masing desa dan ada juga dari pedagang pengumpul lainnya.
     
"Pada Maret ini beras petani yang sudah dibeli Bulog sebanyak 350 ton dan April nanti mulai panen raya," imbuhnya.
     
Pembelian beras petani, kata dia, harus memenuhi ketentuan seperti kadar air, patahan beras dan lainnya. Beras yang dibeli Bulog dari petani mulai dari harga Rp8.900 per kilogram hingga Rp10 ribu per kg tergantung dengan kualitas dan harga nego. Selain itu, Bulog juga membeli beras kualitas medium yang digunakan untuk pelayanan publik atau PSO dan program stabilitas harga (PSH) dengan harga beli Rp8.300 per kilogram.
     
Beras jenis medium teesebut, ditargetkan terkumpul 200 ton pada Mei hingga Juni 2021. Beras yang diserap tersebut, juga untuk program bantuan pangan non tunai (BPNT) atau program Sembako Kemensos. Pada 2020 lalu, Perum Bulog Cabang Kabupaten Rejang Lebong, telah membeli atau menyerap beras petani ditiga kabupaten mencapai 3.000 ton  selama 2020 lalu. 

baca juga: Petani Manggarai Barat Ogah Jual Beras ke Bulog

Pembelian beras terbanyak, lanjut dia,  berasal dari Kabupaten Lebong, yang mencapai 1.700 ton, kemudian Kepahiang 1.200 ton dan sisanya berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, 100 ton. Penyerapan beras dari petani sebanyak 3.000 ton akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga dan menstabilkan harga pasar-pasar di tiga kabupaten serta untuk kegiatan program Bantuan Pangan Non Tunai serta bantuan pemerintah lainnya.
     
Beras petani yang diserap tersebut, dibeli sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP) diantaranya untuk beras kualitas medium dibeli seharga Rp8.030 per kg dan kualitas premium Rp8.600 hingga Rp8.900 per kg tergantung dari kualitas beras. (OL-3)

 

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya