Kamis 18 Maret 2021, 15:40 WIB

UMKM Balikpapan Ekspor 7 Ton Kepiting Ke Tiongkok

Insi Nantika Jelita | Nusantara
UMKM Balikpapan Ekspor 7 Ton Kepiting Ke Tiongkok

Antara
Ilustrasi warga memanen kepiting bakau yang dibudidayakan.

 

KEMENTERIAN Kelauatan dan Perikanan (KKP) melaporkan sebanyak 7 ton kepiting bakau asal Balikpapan, Kalimantan Timur, senilai US$78.349 berhasil menembus pasar Tiongkok.

Capaian ini tergolong istimewa karena dilakukan unit usaha pembudidaya ikan (UUPI) yang baru melakukan ekspor pertama kali, yakni CV Tiga A.

"Setelah kita melakukan pendampingan ke UPI, kemudian mendapatkan sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point dalam rangka memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor," ujar Kepala Balai KIPM Balikpapan Eko Sulystianto dalam keterangan resmi, Kamis (18/3).

Sebelumnya, CV Tiga A berhasil mengantongi sertifikat Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) dari Balai KIPM Balikpapan. Ekspor produk kelautan ke Negeri Tirai Bambu juga didukung pemerintah daerah.

Baca juga: Ini Strategi Kemendag untuk Dongkrak Kinerja Ekspor

"Pengusaha lokal yang semula hanya melakukan kegiatan pengiriman ikan dan produk perikanan lokal, sekarang ekspor langsung atau direct call dari Balikpapan. Mereka bahkan mampu bersaing," imbuh Eko.

Adapun sejumlah manfaat direct call dari Balikpapan ke Tiongkok, yakni dari aspek biaya dan kemudahan administrasi. "Terdapat selisih biaya operasional yang mencapai Rp20 ribu per kilogram. Lalu, kepastian slot kargo dengan direct call," paparnya.

Ke depan, frekuensi ekspor kepiting dari Balikpapan ke Tiongkok akan meningkat jadi 4-5 kali dalam seminggu. Itu dengan volume ekspor mencapai 6-7 ton per hari.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Bentrok di Sorong Jangan Sampai Jadi Perhatian Dunia

👤Febry Septian/Putri Lukman (Metro TV) 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:54 WIB
ANGGOTA Komisi III DPR Arsul Sani meminta pemerintah memberi penjelasan terkait dengan bentrok antar-kelompok di Sorong, Papua Barat,...
dok.Binda Jateng

Binda Jateng Gelar Vaksinasi Massal di 4 Lokasi di Banyumas

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:25 WIB
BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) terus melakukan vaksinasi di Jateng, salah satunya adalah...
Medcom.id.

Angin Puting Beliung Rusak Dua Rumah di Padang

👤Yose Hendra 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:16 WIB
Dua rumah warga itu mengalami kerusakan pada atap dan kuda-kudanya yang diterbangkan oleh angin puting beliung, Senin (24/1) pagi sekitar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya