Jumat 12 Maret 2021, 08:15 WIB

Guguran Lava Pijar dan Awan Panas Gunung Merapi Masih Terjadi

Agus Utantoro | Nusantara
Guguran Lava Pijar dan Awan Panas Gunung Merapi Masih Terjadi

ANTARA FOTO/Andreas Fitri
Gunung Merapi

 

GUNUNG Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, pada Kamis (11/3) pukul 18.00 hingga Jumat (12/3) pukul 06.00, telah mengeluarkan 16 kali guguran lava pijar yang mencapai jarak maksimal 1.000 meter dari puncak.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Rachmad Widyo Laksono mengatakan guguran lava pijar itu keseluruhannya meluncur ke arah barat daya.

"Pada kurun waktu yang sama, teramati 1 kali awan panas yang meluncur hingga jarak 1.200 meter. Juga ke arah barat daya," kata Rachmad.

Ia menambahkan sepanjang 12 jam tersebut, asap kawah tidak teramati dan Gunung Merapi lebih banyak tertutup kabut. Kegempaan yang tercatat di seismogram sepanjang 12 jam terjadi 62 kali gempa guguran dengan amplitudo terendah 3 milimeter dan tertinggi 45 milimeter dan durasi terpendek 10 detik, sementara terpanjang 96 detik.

"Satu kali kegempaan awan panas guguran dengan amplitudo 30 milimeter dan durasi 106 detik," ujarnya.

Baca juga: Kegempaan Guguran Mendominasi Aktivitas Gunung Merapi

Embusan, katanya, terjadi 6 kali dengan amplitudo terendah 3 milimeter dan tertinggi 11 milimeter, durasi terpendek 9 detik dan terpanjang 13 detik.

Seismogram, imbuhnya, juga mencatat adanya gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 14 milimeter dan durasi 93 detik serta 1 kali gempa fase banyak atau hybrid dengan amplitudo 6 milimeter dan durasi 10 detik.

"Petugas mencatat, sepanjang malam cuaca berawan hingga mendung, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan suhu udara terendah 13 derajat Celsius dan tertinggi 24 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 67-96% dan tekanan udara terendah 836 mmHg dan tekanan udara tertinggi 942 mmHg," tukasnya.

Masyarakat diminta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.(OL-5)
 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani.

Tempat Wisata di Pagaralam Dibuka dengan Protokol Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 24 September 2021, 16:23 WIB
Meski objek wisata di Pagaralam sudah boleh beroperasi, tetapi pemeerintah kota tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 yang...
Antara/Ampelsa.

Penularan Covid-19 Terjadi di Salah Satu SD Gunungkidul

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 24 September 2021, 16:08 WIB
Terkait kebijakan penanganan selanjutnya, pihaknya menyerahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten...
Antara/Iggoy el Fitra.

Sumbar Ingin Geopark Ranah Minang Masuk UNESCO Global Geopark

👤Yose Hendra 🕔Jumat 24 September 2021, 15:45 WIB
Ada 11 kabupaten dan kota di Sumbar yang memiliki kekayaan berupa keunikan geologi, unsur arkeologi, ekologi dan budaya yang dikenal dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya