Sabtu 27 Februari 2021, 08:25 WIB

PUPR Rampungkan 45,47 KM Jalan di DSP Manado - Bitung Likupang

Insi Nantika Jelita | Nusantara
PUPR Rampungkan 45,47 KM Jalan di DSP Manado - Bitung Likupang

Dok MI
Ilustrasi - Jalan di DSP Manado - Bitung Likupanga

 

UNTUK mendukung konektivitas di Destinasi Super Prioritas (DSP) Manado - Bitung Likupang, Sulawesi Utara, KementeriN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rampungkan beberapa ruas.

Seperti, preservasi dua ruas jalan dan satu jembatan yakni preservasi Jalan Girian (Bitung) - Likupang, peningkatan Jalan Pantai Pulisan dan penggantian Jembatan Marinsow dengan total panjang jalan 45,47 km dan jembatan 165,2 m.

Baca juga: Berbaju Tahanan dan Diborgol, Wabup Ogan Komering Ilir Dilantik

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (27/2).

Dijelaskan, Jalan Girian (Bitung) - Likupang terdiri dari preservasi jalan sepanjang 43,67 km dan jembatan 152,2 m. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 15 Mei 2020 dan disebut selesai dikerjakan pada 31 Mei 2020 dengan anggaran Rp18,64 miliar.

Untuk peningkatan Jalan Pantai Pulisan sepanjang 2,8 km, PUPR menyebut memulai pengerjaan proyek pada 29 Juni 2020 dan selesai pada 13 Desember 2020 dengan anggaran Rp 34,46 miliar. Sementara, penggantian Jembatan Marinsow sepanjang 13 m dilakukan pada 20 April 2020 sampai 6 Desember 2020 dengan anggaran Rp 4,1 miliar.

Sebelumnya, untuk meningkatkan konektivitas di DSP ini Kementerian PUPR telah membangun Tol Manado - Bitung sepanjang 40 km yang merupakan tol pertama di Sulawesi Utara. Tol Manado - Bitung ruas Manado - Danowudu sepanjang 26 km telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September 2020 lalu.

PUPR menyatakan, pembangunan ruas tol Manado-Bitung merupakan salah satu dukungan yang signifikan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan DPSP Manado - Bitung - Likupang.

Pihaknya menjelaskan selain Taman Laut Bunaken yang sudah dikenal, ni terdapat beberapa objek wisata lain yang pemandangannya tidak kalah memanjakan mata. Salah satunya adalah kawasan wisata Pantai Malalayang di Kota Manado yang berdekatan dengan kawasan Bunaken, Tomohon-Tondano dan Bitung-Lembeh.

Sementara di Likupang, salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Likupang. Tempat itu erletak 48 km di timur laut Kota Manado tepatnya Jalan Likupang-Girian, Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara.

Manado - Bitung Likupang merupakan salah satu dari lima DSP selain Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo yang penataan dan pengerjaan infrastrukturnya menjadi prioritas utama pemerintah. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Tasikmalaya Dilanda Hujan Deras, Puluhan Pohon Tumbang

👤Kristiadi 🕔Minggu 11 April 2021, 20:00 WIB
Intensitas hujan tinggi akibat Siklon Tropis Seroja masih terjadi di sejumlah daerah, termasuk Tasikmalaya. Cuaca ekstrem berpotensi...
MI/Usman Kansong

Bertandang ke New Zealand di Sumatra Barat

👤Usman Kansong 🕔Minggu 11 April 2021, 19:53 WIB
Saya bertandang ke satu tempat di Sumatra Barat akhir pekan lalu. Saya bersaksi tempat itu serupa New...
MI/Palce Amalo

Sejumlah Rumah di Kampung Nefo Kupang Tenggelam Tertimbun Longsor

👤Palce Amalo 🕔Minggu 11 April 2021, 19:52 WIB
Sebanyak 400 warga berhasil dievakuasi oleh pemerintah desa. Mereka saat ini ditampung di gedung gereja setempat dan rumah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya