Kamis 28 Januari 2021, 16:26 WIB

Besok, Vaksinasi di Kota Cirebon di 27 Lokasi untuk 2.300 Orang

Nurul Hidayah | Nusantara
Besok, Vaksinasi di Kota Cirebon di 27 Lokasi untuk 2.300 Orang

dok.medcom
Ilustrasi vaksin Covid-19

 

PEMERINTAH Kota Cirebon besok menggelar vaksinasi covid-19 secara serentak. Distribusi vaksin tahap pertama ini sudah dilakukan untuk 27 lokasi yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Farmasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Eva Susanti menjelaskan bahwa hari ini distribusi vaksin sudah dilakukan. "Kami distribusikan ke 27  titik," ungkap Eva, Kamis (28/1). Yakni ke 22 puskesmas dan 5 rumah sakit besar. Kelima rumah sakit tersebut masing-masing RSD Gunung Jati, RS Pelabuhan, RST Ciremai, RS Putra Bahagia dan RS Sumberkasih. Sedangkan lima rumah sakit lainnya di Kota Cirebon tidak melakukan vaksinasi covid-19 dan dilakukan oleh puskesmas setempat.

Proses distribusi vaksin ke 27 titik dilakukan dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. "Teman-teman di lokasi juga sudah menyiapkan logistik yang diperlukan untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19," ungkap Eva. Seperti termos es, pengukur suhu dan lainnya. Untuk pengiriman pertama, vaksin yang didistribusikan sebanyak 2.300 vial. Selang 14 hari kemudian distribusi tahap dua akan dilakukan.

Pengiriman vaksin terbanyak dilakukan di RSD Gunung Jati. Karena disana terbanyak tenaga kesehatannya. Lebih dari 500. Sedangkan untuk puskesmas terbanyak Puskesmas Pegambiran sebanyak 47 vaksin. Untuk 22 puskesmas di Kota Cirebon akan menerima vaksin sebanyak 702 sedangkan untuk nakes di rumah sakit sebanyak 1.598.

Direncanakan esok, Jumat (29/1) mulai dilakukan vaksinasi serentak di Kota Cirebon. Untuk vaksinasi pertama, dilakukan untuk tenaga kesehata (nakes) yang ada di Kota Cirebon.

Sementara, Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menjelang vaksinasi covid-19 meminta kepada masyarakat untuk tidak mempercayai berbagai isu yang tidak benar atau hoax terkait imunisasi vaksin covid-19. "Vaksin covid-19 ini untuk membuat herd immunity. Meski sudah divaksin tetap jangan mengendorkan protokol kesehatan," ujar Edy. (OL-13)

Baca Juga: Tenaga Medis Meninggal Dunia di Indonesia, Tertinggi di Asia

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya