Minggu 24 Januari 2021, 12:03 WIB

Pengungsi Mulai Kembali ke Rumah

Denny S | Nusantara
Pengungsi Mulai Kembali ke Rumah

MI/Denny S
Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel ikut membantu penanganan banjir.

 

BENCANA banjir yang melanda 11 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan pada awal Januari lalu berangsur surut dan aktivitas masyarakat mulai kembali normal. Para pengungsi sebagian sudah kembali ke rumah mereka masing-masing.

Pantauan Media di sejumlah lokasi di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar banjir sudah surut. Namun air masih merendam areal permukiman dan beberapa ruas jalan. Warga yang tadinya terpaksa tinggal di lokasi pengungsian sebagian sudah kembali dan mulai membersihkan serta memperbaiki kerusakan rumah maupun tempat usaha mereka yang terendam banjir.

"Hasil laporan dan pantauan langsung kami di lapangan sebagian besar sudah surut dan warga sudah beraktifitas kembali. Tinggal upaya
penanganan pasca banjir yang perlu kita prioritaskan. Namun memang masih ada wilayah di bagian hilir yang masih kebanjiran ini juga terus kita tangani," ujar Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Minggu (24/1).

Baca Juga: BNPB Pernah Ingatkan Potensi Gempa Besar di Sulbar

Berdasarkan data BPBD Kalsel, jumlah pengungsi yang sebelumnya mencapai 75 ribu orang terus berkurang dan tersisa 58 ribu orang pengungsi. Sementara jumlah warga terdampak bencana banjir dan longsor ini mencapai 178.035 keluarga atau 712.129 jiwa.

Bertambahnya jumlah warga terdampak banjir ini karena sebagian wilayah di bagian hilir DAS Barito masih dilanda banjir. Banjir telah merendam 116.041 rumah warga dan menyebabkan 21 orang meninggal dunia serta satu orang masih dalam pencarian.

Pada bagian lain BPBD Kalsel juga telah mengkoordinir 43 lembaga dengan 2.160 orang anggota menjadi relawan dalam upaya membantu penanganan bencana banjir di 11 kabupaten/kota. "Ada 43 organisasi relawan yang ikut membantu penanganan banjir di lapangan," tutur Muhari, Koordinator Relawan BPBD Kalsel. (DY/OL-10)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Gibran-Teguh Percepat Vaksinasi untuk Manula dan Pedagang Pasar

👤Widjajadi 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:53 WIB
Dua hari sebelum menginjak kantor di Balaikota, duet Gibran-Teguh, sepanjang Sabtu-Minggu ( 27-28/2), memantau pelaksanaan vaksinasi untuk...
MI/Supardji Rasban

PMI Salurkan Bantuan Korban Terdampak Bencana di Jateng

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:45 WIB
SEKRETARIS Jenderal Palang Merah Indonesia Sudirman Said, meninjau dan menyalurkan bantuan ke  sejumlah tempat yang dilanda bencana...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Muncul Klaster Ziarah, Banyumas Perketat Lagi Peribadatan & Pasar

👤Lilik Dharmawan 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:35 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan dari laporan-laporan yang masuk ada kecenderungan mengenai mulai longgarnya prokes di dua lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya