Jumat 25 Desember 2020, 00:10 WIB

80.978 Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera Jelang Nataru

Insi Nantika Jelita | Nusantara
80.978 Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera Jelang Nataru

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/
Gerbang Tol Keramasan di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan

 

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat 80.978 kendaraan telah melintas di ruas tol tersebut pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) per (24/12).

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan yang melintas di JTTS mengalami peningkatan hingga 40 % dibanding kondisi normal.

"Jumlah LHR di momen Nataru ini mengalami kenaikan 22.987 kendaraan dari 57.991 kendaraan LHR normal sebelum nataru, menjadi 80.978 kendaraan," ungkap Suroto dalam keterangan resminya, Kamis (24/12).

Angka kendaraan tersebut merupakan akumulasi jumlahvendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, GT Terbanggi Besar di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang-Kayu Agung, GT Palembang di Ruas Palembang-Indralaya, dan GT Pekanbaru di Ruas Pekanbaru-Dumai, dan GT Blang Bintang di Ruas Sigli-Banda Aceh.

Suroto mengungkapkan, ruas tol di JTTS yang menyumbang LHR tertinggi yakni Ruas Tol Bakter dengan jumlah LHR sebanyak 39.174 kendaraan.

Baca juga: Honda Diskon Hingga 90% Harga Suku Cadang Mobil Lawas

“Kami melihat puncak kendaraan yang melintas adalah hari ini pukul 12.00 WIB tadi mengingat ini merupakan hari libur pertama di momen Nataru,” imbuhnya.

Hutama Karya, kata Suroto, juga mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) Segmen Tanjung Mulia - Marelan sepanjang 4,2 KM pada hari Rabu (23/12) kemarin mulai Pukul 15.00 WIB.

Serta membuka Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) sepanjang 16 KM pada pagi tadi (24/12) dengan masa operasional 12 jam dari Pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB plus tidak dikenakan tarif untuk sementara.

“Setelah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada masing-masing ruas tersebut akhirnya diputuskan untuk membuka jalur tersebut selama momen libur Nataru sesuai arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)," jelas Suroto. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Presiden Bagikan Bansos di Empat Pasar di Surakarta

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:40 WIB
Ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para pelaku usaha mikro dan...
DOK MI

Pemprov Sulteng Antisipasi Masuknya PMK

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:25 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah telah melakukan upaya mengantisipasim penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak...
MI/Heri Susetyo

Barisan Kiai Kultural NU Jatim Deklarasi Dukung Ridwan Kamil

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:19 WIB
BARISAN kiai kultural Nahdlatul Ulama (NU) asal Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Ridwan Kamil (RK) sebagai Calon Presiden (Capres)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya