Kamis 10 Desember 2020, 23:45 WIB

Hujan Deras Sebabkan Sebagian Kota Sampang Terendam Banjir

Muhamad Ghazi | Nusantara
Hujan Deras Sebabkan Sebagian Kota Sampang Terendam Banjir

ANTARA
Ilustrasi banjir

 

SEDIKITNYA lima desa dan empat kelurahan di Kabupaten Sampang Jawa Timur, terendam banjir akibat luapan Kali Kemuning dan Kali Panyepen. Banjir berlangsung sejak Kamis (10/12) dini hari. Lima desa itu antara lain Desa Kemuning, Pangilen, Pasean, Panggung dan Gunung Maddah.

Sementara empat kelurahan yang ikut tergenang antara lain Kelurahan Rong Tengah, Dalpenang, Karang Dalam dan sebagian Kelurahan Gunung Sekar. Selain itu, jalan provinsi di Kecamatan Jrengik ikut tergenang hingga menyebabkan kemacetan di jalur utama antar kabupaten du Madura.

Banjir di Sampang terjadi setelah hujan deras mengguyur selama sehari pada Rabu (9/12). Kali Kemuning dan Kali Panyepen tidak mampu menampung air hingga meluap ke wilayah di sepanjang hilir kedua sungai utama.

Luapan makin meluas hingga menggenangi hampir seluruh wilayah Kota Sampang. Di beberapa lokasi, tinggi genangan mencapai 1 meter lebih, diantaranya di Jalan Mawar, Jalan Delima dan  persimpangan Jalan Imam Bonjol, hingga kawasan pertokoan di pusat kota lumpuh total.

Sejumlah warga mengungsi ke beberapa lokasi yang disiapkan pemerintah setempat, diantaranya ke Pasar Srimangunan di Kelurahan Gunung Sekar. Dapur umum didirikan di empat titik untuk membantu warga yang terdampak, antara lain di Kelurahan Rong Tengah, Desa Pangilen, Desa Pasean dan di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Sampang.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Sampang, Erwin, mengatakan bantuan makanan tersebut akan didistribusikan ke seluruh wilayah terdampak melalui masing-masing RT. "Bantuan makanan akan didistribusikan dua kali dalam sehari, yakni siang dan malam," kata Erwin.

Selain kawasan permukiman dan persawahan, banjir juga menggenangi sejumlah pondok pesantren di Sampang. Terdapat empat ponpes besar di Sampang yang ikut tergenang, antara lain Ponpes Assirojiyah, Attanwir, Darul Faizin di Kelurahan Rong Tengah dan Ponpes Tahfidzul Quran Almansur di Kelurahan Dalpenang. (R-1)

Baca Juga

Antara

Peternak Apresiasi Langkah Pemerintah Ganti Ternak yang terkena PMK

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:38 WIB
"Saya menyambut baik jika ada program pemerintah mengganti hewan ternak milik petani yang mati karena...
Antara

Pemkab Garut Siapkan Kompensasi Peternak yang Terdampak PMK

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:59 WIB
Hingga saat ini, terdapat 3.425 ekor ternak bergejala PMK, yang tersebar di 21 kecamatan wilayah Garut. Pemkab terus melakukan pendataan...
Antara

Sleman Mulai Vaksinasi PMK untuk Sapi Perah 

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:46 WIB
Adapun vaksinasi PMK diprioritaskan untuk sapi perah. Pasalnya, masa hidup sapi perah lebih lama daripada sapi potong. Serta, menghasilkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya