Kamis 26 November 2020, 21:42 WIB

Pelindo 1 Teken MoU dengan PT KAI dan PT KIM

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pelindo 1 Teken MoU dengan PT KAI dan PT KIM

DOK Humas Pelindo 1
Terminal Petikemas di Pelabuhan Belawan Medan, Sumut.

 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo 1, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI), dan PT Kawasan Industri Medan (Persero) (PT KIM) telah sepaham untuk menjalin kerja sama terkait angkutan barang berbasis kereta api di wilayah Sumatra Utara.

Nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) sudah diteken secara langsung oleh pucuk pimpinan ketiga BUMN tersebut secara virtual di Medan dan Jakarta, Kamis (26/11). Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, Dirut Pelindo 1 Dani Rusli Utama dan Plt. Dirut PT KIM Adler Manarissan meneken MoU tentang Rencana Kerja Sama Angkutan Barang Berbasis Kereta Api.

"Nota kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen dan landasan bagi masing-masing pihak untuk menjalin kerja sama lebih lanjut ke depan," kata Dani Rusli Utama dalam keterangan resmi, Kamis (26/11).

Ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi peningkatan kerja sama angkutan barang berbasis kereta api. Kemudian pembuatan kajian bersama rencana pembuatan jalur atau prasarana kereta api dari segi komersial dan segi operasional yakni terkait dengan pelaksanaan rencana kerja bersama dan bentuk kerja sama potensial lain yang disepakati para pihak.

Dani Rusli menjelaskan, Pelindo 1 memiliki dua pelabuhan besar yang beroperasi di wilayah Sumatra Utara, yaitu Pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung.

Kedua pelabuhan itu sudah dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan bongkar muat yang terintegrasi dengan sistem IT untuk memudahkan para pengguna jasa. Dengan sinergi dan kolaborasi dari kompetensi masing-masing pihak, dia optimistis konektivitas antara Pelabuhan Belawan dan kawasan industri melalui jalur kereta api dapat ditingkatkan.

Kerja sama ini juga sejalan dengan salah satu visi Pelindo, yakni mengintegrasikan kawasan pelabuhan dengan hinterland, yang mana KIM adalah hinterland utama dari Pelabuhan Belawan. Selain itu, Pelindo 1 juga fokus untuk memberi kontribusi kepada masyarakat dengan adanya alternatif multimoda.

Sehingga akan terjadi peningkatan aksesibilitas dari hinterland ke pelabuhan dan sebaliknya, dengan memberikan layanan barang yang lebih cepat, murah dan efisien.

"Saya berharap kerja sama ini juga dapat mendorong efisiensi arus logistik di Indonesia, khususnya Sumatra Utara, sehingga akan berdampak positif untuk ikut mendongkrak perekonomian bangsa," ujarnya. (R-1)

Baca Juga

Dok. Pemprov Kepri

Pusat Kaligrafi Al-Quran Diproyeksikan Jadi Ikon Baru kepri

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:15 WIB
Apalagi, kata Arif, selama ini Kepri sudah dikenal melalui wisata sejarah dan budaya, yang juga identik dengan dunia...
DOK Basarnas

Sejumlah Partai Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Majene

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:00 WIB
Bantuan serupa juga disalurkan Partai Nasdem dan PDI...
Antara/Adwit B Pramono

Sulut Wajibkan Tamu ke Kantor Gubernur Ikut Rapid Test Antigen

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:30 WIB
Kebijakan wajib tes cepat antigen bagi ASN/THL dan tamu ini dalam rangka mencegah penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya