Sabtu 21 November 2020, 10:59 WIB

Pengungsi Erupsi Gunung Merapi Terus Bertambah

Djoko Sardjono | Nusantara
Pengungsi Erupsi Gunung Merapi Terus Bertambah

MI/Djoko Sardjono
Pengungsi di barak Balai Desa Balerante, Klaten

 

PENGUNGSI erupsi Gunung Merapi di tempat evakuasi sementara (TES) Balai Desa Tegalmulyo dan Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, bertambah. Sementara, GOR Kalimosodo di Desa Sidorejo yang disiapkan untuk pengungsi warga setempat belum terisi hingga saat ini.Humas BPBD Kabupaten Klaten, Nur Tjahjono Suharto, mebenarkan jumlah pengungsi  erupsi Gunung Merapi, baik di barak Balai Desa Tegalmulyo maupun dan Balai Desa Balerante, kini terus bertambah. Total pengungsi hingga Jumat (20/11) pukul 21.00 WIB berjumlah 385 orang.

Pengungsi sebanyak 385 orang, 106 di antaranya berada di TES Balai Desa Tegalmulyo. Mereka asal Dukuh Canguk, Sumur, dan Pajegan. Sedangkan 279 pengungsi lainnya di Balai Desa Balerante. Pengungsi di barak ini warga Dukuh Sambungrejo, Ngipiksari, Ngelo, Gondang, dan Sukorejo.

Menurut laporan Posko BPBD Klaten, lanjut Nur Cahyono, dari 385 pengungsi di Balai Desa Tegalmulyo dan Balai Desa Balerante, sebanyak 169 di antaranya kelompok rentan yang terdiri dari balita (28), lansia (58), ibu hamil (5), ibu menyusi (5), anak-anak (63), dan penyandang disabilitas (9). Untuk antisipasi terjadi pencurian, lanjutnya, hingga saat ini sudah 128 ekor sapi peliharaan warga di kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi yang dievakuasi sementara ke kandang komunal. Kandang disiapkan tidak jauh dari lokasi barak pengungsi Balai Desa Balerante.

baca juga: Tegakkan Protokol 3M di Pengungsian Merapi

BPPTKG Yogyakarta  menetapkan tiga desa di Kecamatan Kemalang, yaitu Desa Balerante, Tegalmulyo, dan Sidorejo sebagai KRB III Gunung Merapi. Namun, sampai saat ini warga Desa Sidorejo belum mengungsi. Meski tempat pengungsian telah disiapkan di GOR Kalimosodo. (OL-3)

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Tanah Bergerak di Brebes Belasan Rumah Rusak Warga Mengungsi

👤SUPARDJI RASBAN 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:43 WIB
Tak hanya itu, jalan pemukiman juga retak akibat tanah bergerak yang memaksa warga ekstra hati hati saat...
MI/Gabriel Langga.

Babinsa Alok Menyapa Warga dengan Bagikan Masker

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:39 WIB
Babinsa Nele Serka Fernando Soares Koramil 1603-01/Alok berharap kegiatan ini dapat mengurangi angka masyarakat yang terpapar Covid-19 di...
ANTARA

Gempa Bumi 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:34 WIB
Massen mengatakan, masyarakat merasakan gempa bumi yang terjadi pada malam hari itu antara lain di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Banjar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya