Selasa 17 November 2020, 08:25 WIB

353 Warga KRB III Merapi Bertahan di Pengungsian

Djoko Sardjono | Nusantara
353 Warga KRB III Merapi Bertahan di Pengungsian

MI/Djoko Sardjono
Barak pengungsi di Balai Desa Balerante, Kabupaten Klaten

 

POSKO Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melaporkan pengungsi erupsi Gunung Merapi yang bertahan di tempat evakuasi sementara berjumlah 353 jiwa hingga Senin (16/11) malam. Saat ini, pengungsi tinggal di tempat evakuasi sementara (TES) Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Kebanyakan dari mereka kelompok rentan, seperti balita, anak-anak, dan lansia.

Humas BPBD Kabupaten Klaten, Nur Tjahjono Suharto, Selasa (17/11) kepada mediaindonesia.com menjelaskan 353 pengungsi erupsi Gunung Merapi itu warga dari kawasan rawan bencana (KRB) III Desa Balerante dan Desa Tegalmulyo. Saat ini, Balai Desa Balerante menampung 277 pengungsi dari Dukuh Sambungrejo, Ngipiksari, Ngelo, Sukorejo, dan Gondang. Sedangkan pengungsi yang ada di Balai Desa Tegalmulyo 76 orang asal Dukuh Canguk, Sumur, dan Pajegan.

Secara terperinci, Nur Tjahjono menjelaskan pengungsi sebanyak 277 orang di Balai Desa Balerante terdiri dari kelompok balita (22), lansia (35), difabel (9), ibu menyusui (6), ibu hamil (5), anak-anak (49), dan orang dewasa (151). Sedangkan pengungsi 76 orang di Balai Desa Tegalmulyo terdiri dari balita (6), lansia (9), dewasa (50), dan anak-anak (11). Saat ini, pengungsi baik yang ditampung di Balai Desa Balerante maupun Balai Desa Tegalmulyo dalam kondisi baik.

baca juga: BNPB Apresiasi Koordinasi Kesiapsiagaan Relawan Erupsi Merapi

Dalam upaya pencegahan covid-19, protokol kesehatan diterapkan di barak pengungsi Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo. Barak disekat dengan papan triplek untuk bilik. Dan, tiap bilik dihuni satu keluarga pengungsi.

Hingga saat ini, arus pengungsian belum terjadi di Desa Sidorejo, salah satu desa KRB III Gunung Merapi di Kabupaten Klaten. Sekalipun tempat penampungan pengungsi sudah disiapkan di GOR Kalimosodo di desa tersebut. (OL-3)

Baca Juga

AFP

Wow, Pemkab Aceh Barat Hadiahkan Umrah bagi Auditor Ungkap Korupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:30 WIB
"Bagi tenaga auditor yang bisa bekerja mengungkap kasus korupsi, tahun ini akan mendapatkan hadiah...
Ilustrasi

7 Nakes Positif, RS Soedono Setop Sementara Layanan Kebidanan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:15 WIB
Untuk sementara waktu, RS dr Soedono menghentikan layanan rujukan pasien bedah umum dan kebidanan sejak 15 Januari sampai 25...
Antaranews Kalsel/Sukarli

Tiga Truk Bantuan untuk Banjarmasin dari Palangkaraya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:40 WIB
Bantuan kemanusiaan yang diantar langsung orang nomor satu di lingkungan pemerintahan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu terdiri atas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya