Minggu 15 November 2020, 11:39 WIB

PCNU Gelar Maulid, Kemenag Ajak Umat di Sikka Hargai Perbedaan

Gabriel Langga | Nusantara
PCNU Gelar Maulid, Kemenag Ajak Umat di Sikka Hargai Perbedaan

MI/Gabriel Langga
Kasubag Tata Usaha Kemenag Sikka, Awaluddin Husain sedang memberikan sambutan dalam acara peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di Sikka.

 

PENGURUS Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sikka menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertemakan 'Menumbuhkan Sikap Terpuji dan Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW' di Sekretariat Nahdlatul Ulama (NU) di Perumnas, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (14/11).

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sikka, Antonius Nggaa Rua, melalui Kasubag Tata Usaha Kemenag Sikka Awaluddin Husain mengatakan, dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, umat Islam di Kabupaten Sikka harus saling memahami dan menghargai perbedaan.

Menurut dia, kadang warga mengikuti sebuah organisasi masyarakat sering melakukan dikotomi antara Muhammadiyah dan NU serta berbagai organisasi lainnya. Padahal, itu hanya sebuah organisasi yang hanya mengkoordinasi dan mencoba menggerakan umatnya agar mengikuti semua petunjuk sesuai teladan rasulullah. Organisasi ini bukan untuk menjadi pertentangan.

Baca juga: Gubernur Sumut dan Wali Kota Tebing Tinggi Dukung Kalifah MTQ

"Tidak perlu kita pertentangan antara Muhammadiyah dengan NU serta berbagai ritual-ritual agama Islam lainnya. Kita semua yakin bahwa apa yang kita lakukan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala untuk menggapai ridho Allah bukan untuk saling kita pertentangan," ungkap Awaluddin.

Untuk itu, ia mengajak Muhammadiyah dan NU, yang merupakan ormas terbesar di Indonesia untuk bersatu membimbing umat agar mereka bisa dekat dengan agamanya kemudian memberikan kesejukan kepada orang lain.

"Seharusnya, orang yang semakin dekat dia dengan Allah dan banyak ibadah, justru harus membuat dia semakin elok di depan orang lain. Bukan mencela orang lain dan mudah mengkafirkan orang lain dan mudah mengatakan orang lain tidak benar hanya saya yang benar," papar dia.

Awaluddin mengatakan inti memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW setiap tahunnya sebenarnya membentuk kepribadian kita untuk menuju kehidupan sesuai dengan diajarkan oleh rasullah Muhammad SAW.

"Perbedaan dan kemajemukan adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita pungkiri. Hari ini kita saksikan di media sosial, betapa orang saling menghujat, betapa orang saling menyalahkan dan betapa orang saling mengkafirkan. Ini adalah sebuah situasi dimana membuat kita sebagai umat tidak kokoh dan kuat," tandas dia.

Dia menyampaikan kalau memang kita betul umat Muhammad SAW kita harus meneladani sifat-sifat mulia Nabi Besar Muhamad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagai umat muslim, kita harus meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW. Mari kita rangkul semua. Mari kita keluarkan kalimat-kalimat yang menyejukkan orang lain," kata dia kepada umat Islam di Sikka.

Sementara itu Ketua PCNU Kabupaten Sikka, Al-Amin juga meminta umat Islam di Sikka dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW untuk bisa meneladani kembali kehidupan rasullah dalam kehidupan peribadi kita maupun kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya yakin kalau masing-masing kita meneladani sifat-sifat Rasulullah, mengikuti sunnahnya, mudah-mudahan kita pasti menjadi manusia yang lebih baik," ungkap dia. (OL-1)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Bersama Polres Simalungun Gelar Gebyar Vaksin Merdeka

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 15:10 WIB
Kegiatan vaksinasi yang digelar pada Kamis (21/10) ini merupakan vaksinasi dosis ke-2 pada gelombang...
dok.humas

Bupati Jembrana Terpukau Lihat Panen Udang Vaname Teknologi Hyper Density

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 14:47 WIB
BUPATI Jembrana, Bali, I Nengah Tamba beserta rombongan Forkopinda dan DPRD Jembrana berkunjung ke BPBAP Situbondo, Jawa Timur menyaksikan...
dok.humas

Kasad Apresiasi Pembangunan Rumdin Prajurit TNI AD di Gresik

👤M Yakub 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 14:26 WIB
KEPALA Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau perkembangan pembangunan Rumah Dinas (Rumdin) Prajurit di Yonif...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya