Senin 09 November 2020, 14:15 WIB

Keluarga Pasien Keluhkan Layanan RSUD Lewoleba

Alexander P Taum | Nusantara
Keluarga Pasien Keluhkan Layanan RSUD Lewoleba

MI/Alexander Taum
Suasana salah satu ruangan perawatan di RSUD Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur

 

PAULINA Peni, 32, rutin memeriksakan kehamilannya keduanya ke Pos Pelayanan Kesehatan. Warga Desa Panama, Kecamatan Buyasari, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, itu, juga memilih melahirkan di RSUD Lewoleba.

Nahas, di rumah sakit inilah dia justru kehilangan nyawa. "Selama 6 jam di instalasi gawat darurat, dia dibiarkan tanpa perlakuan medis, sampai akhirnya meninggal dunia," ujar Emanuel Ubuq, kerabat korban, kemarin.

Beberapa hari lalu, jenazah Paulina dan bayinya sudah dikuburkan di desa mereka. Namun pihak keluarga belum sepenuhnya bisa menerima kematian tersebut.

"Kami kesal, karena pasien pernah minta dioperasi, tapi tidak diindahkan. Saat pasien merasa ada tanda-tanda hendak melahirkan, tim medis menyatakan baru pembukaan pertama, dan dia diminta istirahat saja dulu," tambah Emanuel.

Saat dikonfirmasi Vennia Riskia Tristianti, dokter jaga RSUD Lewoleba mengaku sudah melakukan tindakan untuk menangani ibu yang hendak melahirkan.

"Ada keluhan nyeri perut dan pinggang. Pasien juga mengeluh merasakan nyeri hebat pada perut. Dia mengalami kejang dan dari mulutnya keluar busa, sampai akhirnya pasien meninggal dunia," jelasnya.

Terkait permintaan untuk operasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata Paskal Tapobali menyatakan menurut laporan yang ia terima, tidak ada permintaan untuk operasi dari keluarga. "Selama berada di IGD tidak ada keluarga yang menjaga pasien."

Atas protes keluarga pasien itu, Paskal berjanji akan memanggil tenaga medis yang pada malam kejadian sedang bertugas. "Jika ada kelalaian dalam pelayanan, pasti akan kami tindak tegas. (N-2)

Baca Juga

Ist

Merayakan Ulang Tahun sembari Berwisata di Gunung Mas Puncak

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 00:25 WIB
Pada 15 November 2021 nanti, hari jadi kedua akan dirayakan di Agrowisata PTPN VIII Gunung Mas, Puncak, Bogor, selama 3...
ANTARA/Galih Pradipta

Program Langit Biru, Pertamina Diskon Harga Pertalite di Nias

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:20 WIB
Diskon Pertalite berlaku di Nias hingga 28 hari ke depan dan tersedia di 24...
MI/NURUL HIDAYAH

Pertanian Kabupaten Cirebon Butuh Intervensi Pemerintah Pusat

👤Nurul Hidayah 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:15 WIB
Kabupaten Cirebon menjadi salah satu daerah yang berkontribusi terhadap swasembada beras...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya