Rabu 04 November 2020, 11:57 WIB

Usung Eco Fashion, Gambo Muba Kini Semakin Dikenal Luas

Dwi Apriani | Nusantara
Usung Eco Fashion, Gambo Muba Kini Semakin Dikenal Luas

MI/Dwi Apriani
Thia Yufada, Ketua Dekranasda Muba memperlihatkan kain Gambo Muda.

 

GAMBO Muba menjadi kerajinan ciri khas dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang kini sudah banyak dikeal di wilayah Provinsi Sumatra Selatan hingga provinsi lain. Gambo Muda dibuat dengan metode khas jumputan, dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma.

Hebatnya, Gambo Muba ini merupakan produk eco fashion. Karena para pengrajin Gambo Muba menggunakan gambir dengan mengubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna anti kimia.

"Di tengah pandemi seperti ini, kami terus menggerakkan para pengrajin Gambo Muba untuk terus berinovasi dan memproduksi Gambo Muba. Alhamdulillah, Gambo Muba tidak surut di pasaran meski pandemi Covid-19 sedang melanda. Dan Gambo Muba ini sudah dikenal luas di Tanah Air," ucap Thia Yufada, Ketua Dekranasda Muba, Rabu (4/11).

Ia mengatakan dalam pengerjaannya, Gambo Muba ini mampu menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil. 

"Kami tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah kimia getah gambir untuk pewarna Gambo Muba," ujarnya.

Kampanye hijau yang melekat pada produk Gambo Muba menjadikan produk tekstil ini beberapa kali ditampilkan di ajang fesyen nasional dan internasional. 

"Kami bukan hanya mendorong pengrajin dalam hal produksi saja, namun kami juga membantu memfasilitasi dalam hal promosi dan pemasaran. Gambo Muba ini sudah sering kali ikut pameran dan banyak pecinta tekstil yang menyukainya," lanjut Thia.

Diakui Thia, bukan saja modern secara proses pembuatan, tetapi juga modern dari tampilan dan jangkauan pasarnya. Untuk itu, pihaknya akan terus dalam mengembangkan produk unggulan Gambo Muba adalah untuk terus berinovasi dan menjalin kerja sama multipihak untuk meningkatkan mutu produk dan desain produk yang sesuai dengan kondisi terkini dan mampu menembus pasar global.

"Promosi produk Gambo Muba juga terus digencarkan meskipun di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Di antaranya melalui media online dan platform market place dan e-commerce," ungkap brand ambasador Gambo Muba ini.

Ia menambahkan, Dekranasada Muba bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian ke depan akan membangun website resmi dan membangun model pemasaran e-commerce guna mendukung peningkatan penjualan produk kerajinan Kabupaten Musi Banyuasin termasuk produk unggulan Gambo Muba.

"Karena saat ini, model peningkatan promosi hasil kerajinan dituntut mampu beradaptasi dengan situasi apapun agar mampu bertahan dan bersaing. Serta meningkatakan kualitas produksinya, di antaranya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ke depan produk Gambo Muba akan kita pasarkan melalui platform market place dengan bekerja sama dengan Bukalapak, Lazada, Shopee dan lain-lain," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan bahwa Pemkab Muba wajib mendukung pengembangan produk unggulan daerah seperti Gambo Muba atau yang lainnya. 

"Karena ini merupakan salah satu ikon kebanggaaan Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki kekhasan tersendiri. Di samping itu, kerajinan tenun Gambo Muba telah terbukti memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat khususnya para pengrajin tenun Gambo Muba," imbuhnya.

baca juga: Pantura Jawa Tengah Ikut Menyumbang Khazanah Sastra Indonesia

Ia menilai hal ini sangat tepat mengingat saat ini pemerintah tengah mendorong pemulihan ekonomi rakyat melalui upaya-upaya peningkatakan kapasitas pelaku usaha, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya lokal.

"Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan memberikan dukungan yang optimal kepada pelaku usaha mikro kecil menengah baik dalam bentuk bantuan fasilitas usaha, permodalan dan perluasan pangsa pasar," tandasnya. (OL-3)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Tumbuhkan Gotong Royong, Tani Center IPB Gandeng PC NU Klaten

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:17 WIB
Tani Center IPB University, dengan berbekal kebanggaan terhadap kebinekaan bangsa serta pengetahuan tentang pertanian ekologis, berkomitmen...
MGN/ Triawati Prihatsari

Kapolda Jateng: Ledakan di Asrama Polisi Akibat Kelalaian Anggota

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 22:15 WIB
"Artinya saya pastikan bahwa ledakan di wilayah kita di daerah Sukoharjo, tidak ada unsur teror," ujar Kapolda...
Antara

Warga Evakuasi Polisi Korban Ledakan ke RS Moewardi Surakarta

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 21:45 WIB
Adapun ledakan kencang itu memakan satu korban, yakni Bripka Dirgantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya