Sabtu 24 Oktober 2020, 11:43 WIB

BKSDA Aceh Bebaskan Beruang Madu yang Terjerat Kawat

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
BKSDA Aceh Bebaskan Beruang Madu yang Terjerat Kawat

ANTARA FOTO/FB Anggoro
Ilustrasi: Seekor beruang madu sedang bermain dengan dokter hewan

 

SEEKOR beruang madu liar diselamatkan dari jeratan kawat di kebun warga kawasan Desa Gelampang Gading, Kecamatan Linge, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Jumat (23/10). Penyelamatan hewan jenis Helarctos Malayanus ini dilakukan oleh personel tim BKSDA (Balai Koservasi Sumber Daya Alam) Aceh wilayah I Lhokseumawe, setelah mendapat laporan dari warga sekitar.

"Setelah mendapat laporan hari Kamis, lalu pada Jumat langsung menuju lokasi untuk melepaskan," kata Kepala Seksi BKSDA Aceh wilayah I Lhokseumawe Kamaruzzaman.

Belum diketahui secara jelas penyebab anak beruang berusia sekitar tiga tahun itu terperangkap kawat jeratan di areal kebun warga. Tapi, ada dugaan jerat itu sengaja dipasang karena tanaman kakao, pisang dan palawija di lokasi tersebut sering digasak hewan liar.

Saat anak beruang betina itu di lepaskan dari jeratan kawat, ada seekor beruang besar lain berkeliaran seperti mengawasi lokasi itu. Beruang betina dewasa tersebut diduga induk dari anak yang terkena jeratan.

Baca juga: Dua Beruang Madu di Siak Masuk Permukiman Penduduk

Personel BKSDA baru bisa menyelamatkan anak beruang muda tersebut setelah mengusir induknya dengan cara membunyikan petasan mercon. Ketika sang induk masuk hutan, baru anaknya bisa dilakukan evaluasi.

Akibat terkena jeratan kawat, bagian kuku beruang muda itu rusak atau luka. Lalu juga bengkak pada bagian pergelangan kaki sehingga terganggu untuk berjalan.

Setelah dilakukan tindakan pembiusan medis guna memudahkan pengobatan dan dioleskan obat luka, baru dilepasliarkan ke habitat hutan setempat.(OL-5)

Baca Juga

MI/John Lewar

Kejati Diminta Tetapkan Tersangka Sengketa Lahan di Labuan Bajo

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 30 November 2020, 15:12 WIB
Kejati NTT diminta segera menetapkan tersangka kasus sengketa lahan sekitar 30 hektare (ha) di Keranga/Toro Lemma Batu Kallo di Kelurahan...
 ANTARA/Siswowidodo

Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total

👤Bagus Suryo 🕔Senin 30 November 2020, 14:55 WIB
Aktivitas Gunung Semeru mulai meningkat. Pendakian ke puncak ditutup...
 ANTARA/Anis Efizudin

UMK Temanggung Naik 3,78%, Pengusaha Bisa Ajukan Keberatan

👤Tosiani 🕔Senin 30 November 2020, 14:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah sudah memutuskan besaran UMK Kabupaten...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya