Rabu 21 Oktober 2020, 16:35 WIB

PDIP Ajukan Wabup Cirebon Istri dan Supir Terpidana Suap

Nurul Hidayah | Nusantara
PDIP Ajukan Wabup Cirebon Istri dan Supir Terpidana Suap

Antara
Terpidana mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra (tengah) dengan rompi tahanan saat diperiksa usai OTT KPK, beberapa waktu lalu.

 

PDI Perjuangan Cirebon kekurangan kader berkualitas, hal itu terlihat dari dua nama bakal calon wakil bupati (wabup) Cirebon yang diajukannya. Yakni, istri mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra yang dijebloskan ke penjara karena kasus suap, dan supir pribadi terpidana Sunjaya Purwadisastra.  

"Hari ini kami dari DPC PDIP mendaftarkan calon wakil bupati ke panitia pemilihan (panlih) DPRD," ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Imron Rosyadi, kepada wartawan, di Cirebon, Rabu (21/10).

Imron yang juga Bupati Cirebon ini menyatakan jika mereka diterima dengan baik oleh semua anggota panlih. Ada dua nama yang didaftarkan kepada panlih untuk calon wakil bupati Cirebon. Yaitu ibu Wahyu Tjiptaningsih dan Cunadi.

Kedua nama tersebut menurut Imron sudah mendapatkan persetujuan dan berdasarkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. "Tadi juga sudah diverifikasi panlih dan syukurnya berkas yang diajukan sudah dinyatakan lengkap," ungkap Imron.

Imron juga berharap posisi wakil bupati segera terisi. Sebab banyak kegiatan yang tidak bisa dijalankannya seorang diri sehingga dibutuhkan keberadaan wakil bupati. "Kalau ada wakil, kita bisa berkoordinasi," dalih Imron.

Sementara itu ketua panlih wakil bupati Cirebon, Mustofa, menjelaskan persyaratan yang diserahkan tadi sudah lengkap. "Sebanyak 21 persyaratan sudah dinyatakan lengkap oleh masing-masing bakal calon," ungkap Mustofa.

Baca Juga: KPK Tangkap Bupati Cirebon

Selanjutnya akan dilakukan tahap verifikasi faktual sesuai dengan yang diatur dalam tata tertib. Ada wkatu tujuh hari untuk melakukan verifikasi faktual. Selanjutnya penetapan dan penetapan nomor urut yang nantinya dilaksanakan pada paripurna DPRD. Pemilihan baru akan dilakukan awal Desember.

Wahyu Tjiptaningsih merupakan istri dari mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. Seperti diketahui, Sunjaya Purwadisastra menjadi Bupati
Cirebon periode 2014-2019 dan pada pilkada 2018, Sunjaya yang berpasangan dengan Imron Rosyadi dan diusung oleh PDI Perjuangan memenangkan pilkada di Kabupaten Cirebon.

Belum dilantik sebagai bupati yang baru, pada Oktober 2018 KPK menangkap Bupati Cirebon dalam operasi tangkap tangan dan dijadikan tersangka terkait jual beli jabatan hingga akhirnya divonis 5 tahun penjara, denda Rp200 juta atas kasus tersebut.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sempat melantik Sunjaya sebagai bupati pada Mei 2019, namun langsung dicopot dan mengangkat wakilnya, Imron Rosyadi sebagai pelaksana tugas dan pada Oktober 2019 menjadi bupati definitif.

Setelah kosong cukup lama, PDI Perjuangan sebagai partai pengusung mengajukan dua nama untuk dijadikan wakil bupati. Yaitu Wahyu Tjiptaningsih yang merupakan istri Sunjaya Purwadisastra dan Cunadi yang merupakan sopir pribadi Sunjaya Purwadisastra. (OL-13)

Baca Juga: Enam Orang Ikut Ditangkap Bersama Bupati Cirebon

Baca Juga

DOK Pemkab Klungkung

DPRD Klungkung Dukung Pembangunan Mall Pelayanan Publik

👤Widhoroso 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:26 WIB
Mal pelayanan publik di Klungkung rencananya direaliasasikan tahun ini. Namun munculnya pandemi Covid-19 membuat pembangunan MPP pengalami...
MI/Alexander P Taum

Pisahkan Pengungsi Ili Lewotolok yang Rentan dengan yang Muda

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:24 WIB
Kelompok rentan tersebut meliputi usia lanjut, penderita penyakit penyerta atau komorbid, ibu hamil, ibu menyusui, disabilitas, balita, dan...
DOK MI

Garda Pemuda NasDem Gandeng Milenial Awasi Pilkada Jabar

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:21 WIB
Garda Pemuda NasDem Jawa Barat optimistis mampu meraih simpati 18 juta pemuda di Jawa Barat untuk kemenangan pasangan calon yang diusung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya