Selasa 25 Agustus 2020, 15:10 WIB

Takut Covid usai Melahirkan Ibu Muda Kabur dari RSUD Tobelo

Hijrah Ibrahim | Nusantara
Takut Covid usai Melahirkan Ibu Muda Kabur dari RSUD Tobelo

Istimewa
Usai melahirkan ibu muda kabur dari RSUD Tobelo karena tau hasil rapid tesnya reaktif covid-19, Selasa (25/8)

 

SEORANG ibu muda di Halmahera Utara, Maluku Utara, melarikan diri dari ruang isolasi RSUD Tobelo setelah selesai melahirkan. Dia kabur setelah mengetahui hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Halmahera Utara, Deky Tawaris ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Ibu muda berinisial UI, 30, sebelumnya tengah menjalani perawatan di ruang isolasi.

"Yang bersangkutan masuk ke RSUD pada pekan lalu tanggal 19 Agustus dan di-rapid test oleh tenaga medis dan hasilnya reaktif," ungkap Deky kepada wartawan, Selasa (25/8)

Pasien tersebut, jelas Deky, juga telah di swab test namun hingga kini hasil tesnya belum keluar dari Prodia Manado, Sulawesi Utara. "Hasil spesimen UI sudah kita kirim ke Prodia Manado tetapi samapai saat ini hasilnya belum keluar dari Prodia," ujar Deky

Menurut Deky, pasien tersebut tidak menunjukkan gejala covid-19, seperti demam, sesak napas dan batuk. Namun, ia menjalani operasi caesar untuk melahirkan dan wajib di-rapid test.

Pasien yang kabur sudah dihubungi oleh pihak RSUD. Jika memang ingin keluar dari RSUD atas permintaan sendiri maka harus melengkapi administrasi. Seperti surat pernyataan pulang atas keinginan sendiri. Sehingga jika terjadi sesuatu bukan pihak RSUD yang disalahkan.

Baca Juga: Izin Belum Turun Sekolah di Banyumas Persiapan KBM Tatap Muka

"Pihak rumah sakit sudah menghubungi keluarga yakni suami, tetapi suaminya sampai saat ini belum datang ke RSUD. Dan pada percakapan awal bahwa istri beserta anaknya akan dipulangkan ke Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula," kata Deky

Sementara itu, Pemkab Halmahera Utara berharap demi keselamatan bersama, masyarakat diimbau agar tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan. Dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan tetap memakai  masker meski sudah diterapkan new normal. (OL-13)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Tiga Kabupaten di Sulbar Tidak Punya Pasien Korona di RS

👤Ant 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:58 WIB
'Semoga kondisi tersebut bertahan sehingga protokol kesehatan dan vaksinasi harus terus dijalankan pemerintah,"...
Antara

Vaksinasi Lansia di Indramayu Baru 17 persen

👤Ant 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:58 WIB
Pasalnya, stok vaksin belum memenuhi...
Dok Kominfo

Pelatihan Active Selling, Agar UMKM Maluku Utara Moncer di Pasar Daring  

👤Iis Zatnika 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:59 WIB
Pelatihan diberikan daring dan luring dilakukan para fasilitator di setiap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya