Sabtu 22 Agustus 2020, 05:43 WIB

Gelar Pesta, Kedua Mempelai Positif Korona

Denny Susanto | Nusantara
Gelar Pesta, Kedua Mempelai Positif Korona

Pexels.com/Medcom.id
Ilustrasi

 

PENULARAN virus korona di Provinsi Kalimantan Selatan belum terkendali. Saat ini jumlah warga terinfeksi melonjak mencapai 7.544 kasus dan 329 orang di antaranya meninggal dunia.

Pada awal Agustus 2020, jumlah kasus masih 6.098 dengan jumlah kemarian sebanyak 290. Dalam waktu kurang dari tiga minggu terjadi penambahan sekitar 1.500 kasus.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel Roy Rizali Anwar mengingatkan masyarakat agar tidak menganggap enteng penularan virus korona. “Penularan masih tinggi. Semua masyarakat harus mewaspadai dengan mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya, Jumat (21/8).

Roy juga menyayangkan sebagian warga yang datang berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan sudah dalam kondisi parah sehingga nyawanya tidak tertolong.

“Kemarin, ada penambahan kasus positif sebanyak 181. Paling banyak dari Kabupaten Hulu Sungai, yakni Utara 91 kasus, disusul Balangan 39 kasus, dan Kota Banjarmasin 30 kasus,” tambah Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel Muslim.

Meski peningkatan masih tinggi, tingkat kesembuhan juga terus meningkat. Saat ini jumlah penderita yang sembuh sudah mencapai 4.840 orang atau 64,16%.

Jumlah korban di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, juga terus bertambah. Hinga kemarin, sudah 187 kasus dengan korban terbanyak ialah santri dari salah satu pondok pesantren. “Ada 77 santri yang positif,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Widji Lestariono, kemarin.

Pengantin positif

Di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sebanyak enam orang yang menghadiri pesta pernikahan dinyatakan positif. Rinciannya, sepasang
suami istri yang merupakan tamu dari Halmahera, Maluku Utara, dan empat orang yang merupakan mempelai serta keluarga.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki menuturkan diduga virus berasal dari pengantin laki-laki.

Pengantin laki-laki asal Halmahera itu sempat menjalani dua kali rapid test di pelabuhan dan dinyatakan negatif. Namun, kemudian pada saat pesta pernikahan, kedua mempelai dinyatakan positif. Masih ditelusuri berapa banyak yang bersalaman, berdekatan, dan berpelukan dengan mereka saat acara berlangsung.

Tiga tenaga kesehatan di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, juga dipastikan positif covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebarannya, Kabid P2P Dinkes Roza Mardiah meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak.

Tes usap (swab test) yang digelar paskibra Kota Sukabumi, Jabar, mengungkap ada dua anggota mereka yang bertugas saat upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI terkonfi rmasi positif covid-19.

Berkaca dari kasus di beberapa daerah, Pemkot Tasikmalaya, Jabar, melarang gelaran semua acara yang ber- sifat mengundang kerumunan massa sekalipun berdalih merayakan Hari Kemerdekaan.

“Kami sarankan tidak mengadakan acara yang mengundang massa dalam jumlah banyak, apalagi acara dangdutan atau band muda mudi dengan memakai panggung di lapangan terbuka. Kalau ada yang melakukan, kami akan menindak secara tegas,” cetus Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Diksan.

Perlahan, tapi pasti, pasien covid-19 di Aceh semakin banyak yang sembuh, yakni 405 dari 1.136 orang, atau sudah 36,65%. (UA/AD/BB/MR/N-1)

Baca Juga

MI/Ardi.

PKL di Teras Malioboro Bebas Retribusi selama Setahun

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:55 WIB
Selain Teras Malioboro 1 di seberang Pasar Beringharjo, PKL Malioboro juga direlokasi di samping Gedung DPRD...
MI/Widjajadi.

12 Kasus Positif Covid-19 Timpa SMA Warga Solo

👤Widjajadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:43 WIB
DKK (Dinas Kesehatan Kota) menyatakan hasil tes PCR keluar pukul 20.30 WIB. Hanya seorang guru yang dinyatakan...
MI/DJOKO SARDJONO

Siswa Positif Covid-19, Dua Sekolah di Klaten Ditutup Sementara

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:25 WIB
Kedua siswa yang terkonfirmasi positif virus korona itu kini telah menjalani...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya