Jumat 21 Agustus 2020, 16:25 WIB

Di Balik Sosok Bu Tejo yang Viral

Ardi Teristi | Nusantara
Di Balik Sosok Bu Tejo yang Viral

MI/Ardi
Siti Fauziah Saekhoni sebagai Bu Tejo dalam film 'Tilik'

 

Sosok Bu Tejo dalam tiga hari belakangan populer seiring dengan kesuksesan film Tilik. Siti Fauziah Saekhoni (Ozi) selaku pemeran Bu Tejo pun menceritakan tentang pengalamannya membintangi film berdurasi 32 menit 34 detik ini.

Ozi menilai sosok Bu Tejo sebenarnya tidak julid. "Dia cuma mempertanyakan hal-hal yang dia ketahui dari informasi di internet yang diakses," kata Ozi, Kamis (20/8).

Ozi menceritakan proses pencarian karakter yang tepat untuk tokoh Bu Tejo yang diperankannya adalah hal terpenting. Baginya yang banyak berkecimpung di dunia teater, tokoh yang diperankan harus memiliki latar belakang yang jelas, baik dari psikologis maupun sosiologis.

Riset yang dilakukannya untuk membangun karakter Bu Tejo pun sederhana. Dia menggali karakter Bu Tejo saat belanja di pasar. Diamatinya tingkah polah ibu-ibu di pasar saat berbincang satu sama lain.

Kepingan-kepingan percakapan itu yang kemudian dieksplorasi untuk membangun karakter Bu Tejo hingga mendapatkan penjiwaan. Di sisi lain, karakter yang diperankannya juga sangat dekat dengan kehidupan kesehariannya, sehingga dia tidak terlalu kesulitan.

"Kalau sudah dekat banget, aku juga kayak bu Tejo, sok nyinyir. Bahkan, ada yang bilang judule Bu Tejo meranke (memerankan) Ozi," lanjutnya.

Namun, Ozi mengatakan ada perbedaan dirinya dengan Bu Tejo. Dia lebih memilih mengkroscek informasi yang didapat kepada orang yang dimaksud, daripada membicarakannya dengan orang lain.

Baca juga: Dua Film Indonesia Diputar di Shanghai Film Festival

Bukan Tokoh Utama

Dia mengatakan awalnya sosok Bu Tejo diperankan oleh orang lain. Namun, karena si calon pemeran sudah cukup sepuh dan medan yang dilalui saat syuting berat, pemeran Bu Tejo akhirnya diganti. Ozi-lah yang kemudian didapuk memerankan tokoh tersebut.

"Saat disuruh menjadi Bu Tejo, saya juga agak kaget. Bisa nggak ya," kata Ozi yang baru pertama mendapatkan peran utama di film.

Sutradara meyakinkan dirinya mampu memerankan Bu Tejo. Padahal, dia saat itu seharusnya bukan berperan sebagai tokoh utama dan proses pengambilan gambar sudah akan dimulai.

Ozi pun meminta waktu untuk mendalami karakter Bu Tejo karena peran yang dibawakannya cukup krusial dan banyak dialognya. "Dari reading sampai selesai waktunya cuma dua mingguan," kata perempuan yang telah bermain dalam enam film ini.

Khusus pengambilan gambar, kata dia, prosesnya cukup singkat, hanya tiga hari. Proses pengambilan gambar hanya dilakukan pada pagi hari.

Saat pengambilan gambar adalah yang terberat. Pasalnya, dia harus berakting di atas truk yang sedang berjalan dengan melewati jalanan yang naik-turun.

Di balik lika-likunya memerankan sosok Bu Tejo, Ozi mengaku senang dengan tingginya respons penonton. Ternyata tidak hanya film Hollywood yang ditonton. Banyak film pendek yang lain yang bagus untuk ditonton.

"Film ini disukai mungkin karena dekat sama keseharian, sehingga menjadi seru bagi mereka (penonton)," tukas Ozi.

Walau menggunakan bahasa Jawa sehari-hari, film ini juga terasa dekat dengan masyarakat umum. (OL-14)

Baca Juga

dok.ant

Si Doi Mas, Cara Banyumas Respon Jokowi Terkait Akselerasi Pelayanan Publik

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 10:33 WIB
PEMKAB Banyumas meluncurkan Si Doi Mas, Sistem Informasi Pelayanan Dokumen Administrasi Kependudukan Paripurna tanpa tatap muka...
Instagram

Keluarga Harap Jenazah DJ Indah Cleo Cepat Teridentifikasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:45 WIB
DJ Indah Cleo merupakan salah satu 17 korban tewas dalam pembakaran Karaoke Double O di Kota Sorong, Papua Barat, 25 Januari...
MI/Agus Utantoro

BNNK Sleman Tangkap Pengecer Narkoba di Desa Bersih Narkoba

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:17 WIB
BNN Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap pria berinisial TAU, warga Mlati, Sleman, karena kedapatan menyimpan puluhan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya