Jumat 07 Agustus 2020, 08:07 WIB

Empat Kapenewon di Gunungkidul Ajukan Bantuan Air Bersih

Agus Utantoro | Nusantara
Empat Kapenewon di Gunungkidul Ajukan Bantuan Air Bersih

MI/Djoko Sardjono
ilustrasi bantuan air bersih

 

EMPAT kapanewon (kecamatan) di Kabupaten Gunungkidul, saat ini sudah mengajukan  permintaan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan.Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Edy Basuki, Rabu mengatakan saat ini sudah ada lima kapanewon yang terdampak kekeringan. Kelima kapanewon ini adalah Kapanewon Rongkop, Kapanewon Paliyan, Kapanewon Girisubo, Kapanewon Semanu dan  Kapanewon Purwosari. 

"Yang sudah mengajukan permintaan air bersih adalah Kapanewon Rongkop, Kapanewon Semanu, Kapanewon Paliyan dan Kapanewon Purwosari," kata Edy, Jumat (7/8).

Dia memerinci dari lima kecamatan tersebut, yang terdampak tidak kurang dari 260 padukuhan (dusun). Edy menjelaskan, untuk tahun ini BPBD Kabupaten Gunungkidul  memperkirakan, wilayah yang terdampak kekurangan air bersih akan lebih luas dibanding tahun sebelumnya. Untuk menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak, Pemkab Gunungkidul menganggarkan dana sebesar Rp700 juta.

"Kami sudah mulai melakukan dropping air bersih sejak Selasa (22/7) lalu," ujarnya.

baca juga: Air Bersih untuk Bantuan Kemarau Menipis

Namun diakui, dropping air bersih yang sudah berjalan ini tidak dapat optimal karena banyak akses jalan masuk desa yang ditutup karena alasan pencegahan lalu lintas orang yang dapat menuarkan covid-19. Sementara untuk membantu petani bawang di Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Bantul yang mengalami kesulitan penyaluran irigasi, dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian membantu penerapan sistem irigasi hemat air.

Sekretaris Badan Peneitian dan Pengembangan Pertanian, Haris Syahbuddin, Rabu di Bantul mengatakan sistem ini menampung air pada embung mini. Di Nawungan saat ini luasan penanaman bawang merah mencapai 25 hektare dan akan diperluas hingga 90 hektare. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya