Sabtu 20 Juni 2020, 05:30 WIB

Lampung Siap Jadi Lumbung Ternak

EP/N-1 | Nusantara
Lampung Siap Jadi Lumbung Ternak

ANTARA FOTO/Ardiansyah
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengoperasikan traktor pembajak sawah, di Desa Tempuran 12b Trimurjo, Lampung Tengah, Lampung, kemarin

 

MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo optimistis Provinsi Lampung dapat menjadi lumbung ternak nasional.

Lampung memenuhi syarat untuk pengembangan peternakan sapi, antara lain karena memiliki pakan ternak sendiri dan dekat dengan DKI Jakarta yang mampu menyerap pasokan daging.

“Saya yakin dengan segenap sumber daya alam dan potensi yang dimiliki, Lampung dapat menjadi lumbung ternak nasional. Saya mau (produksi) 10 kali lipat dari yang saat ini dan saya siap membantu,” kata Mentan di lokasi pengembangbiakan sapi berbasis bahan baku lokal, PT Superindo Utama Jaya (SUJ), di Banjarsari, Kota Metro, Provinsi Lampung, kemarin.

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan peternakan selama ini ialah pakan. Namun, hal itu bisa diatasi dengan adanya pakan yang memanfaatkan bahan baku lokal, yakni batang singkong seperti yang dilakukan PT SUJ.

Mentan mengungkapkan, konsumsi komoditas peternakan Tanah Air mencapai 700 ribu ton, tetapi kemampuan produksi peternakan dalam negeri hanya 400 ribu ton.

Oleh karena itu, Lampung harus memanfaatkan hal tersebut dengan menambah kapasitas produksi peternakan.

Oleh sebab itu, Mentan juga menegaskan pihaknya bersama perbankan siap membantu pengembangan peternakan di Provinsi Lampung agar semakin berkembang.

Gubernur Lampung Arinal Dju­naidi mengapresiasi komitmen dan dukungan Mentan dalam mewujudkan Lampung sebagai lumbung ternak nasional.

“Di PT Superindo ini kita dapat melakukan ternak sapi dan ini dapat kita kembangkan kepada petani melalui kredit usaha rakyat (KUR). Ditambah dukungan Mentan, saya yakin Lampung akan menjadi lumbung ternak nasional,” ujar Gubernur.

Untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak, lanjut Arinal, pemerintah provinsi bersama perguruan tinggi telah menemukan pakan ternak berbahan baku singkong.

“Dengan pakan ini, petani tidak memerlukan biaya tinggi. Dan sudah dibuktikan bahwa makanan ini disukai ternak,” jelasnya.

Selain menyerahkan bantuan KUR dan asuransi ternak sapi/kerbau periode Januari-Juni 2020, kunjungan kerja Mentan ke Lampung di tengah pandemi covid-19 ini juga untuk memastikan ketersediaan pangan.

“Maaf Pak Gubernur, Pak Danrem, Pak Kapolda, saya turun membawa rombongan banyak meskipun masih dalam pandemi covid-19. Tetapi lebih baik covid-19 kita hadapi daripada rakyat kelaparan,” kata Mentan. (EP/N-1)

Baca Juga

dok.ist

Relawan Mak Ganjar di Lampung Tengah Gemakan Doa untuk Indonesia Lebih Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:53 WIB
RELAWAN Mak Ganjar bersama ribuan emak-emak menggelar doa bersama untuk Indonesia di Ponpes Al-Mansyuriah 1, Dono Arum, Seputih Agung,...
dok.ist

Ganjar : 23 SMA/SMK di Jateng Terapkan Kurikulum Antikorupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:42 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak pihak sekolah untuk kreatif mengajarkan pendidikan antikorupsi. Semua mata pelajaran...
DOK.MI

Polisi Tangkap Buronan Kasus Pembunuhan di Diskotek Palembang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:42 WIB
Tersangka Anton Sujarwo ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sukarame, Selasa (29/11) di rumahnya, setelah delapan bulan melarikan diri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya