Jumat 22 Januari 2016, 16:05 WIB

Banjir Bandang Ancam Hulu DAS Batanghari

Solmi | Nusantara
Banjir Bandang Ancam Hulu DAS Batanghari

ANTARA/Wahdi Septiawan
Banjir Bandang Ancam Hulu DAS Batanghari

 

Banjir bandang akibat meluapnya sejumlah anak sungai kian mengancam sejumlah kabupaten di belahan barat daya Provinsi Jambi. Kendati cepat menyurut, banjir berarus deras disertai lumpur membuat rumah warga sejumlah fasilitas umum serta tanaman padi warga rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jambi, Arief Munandar menjawab Media Indonesia, Jumat (22/1) membenarkan tingginya ancaman banjir bandang di sejumlah kabupaten di kawasan hulu daerah aliran sungai (DAS) Batanghari tersebut.

"Seiring tungginya curah hujan saat ini, beberapa kabupaten dan kota di wilayah hulu memang rawan dilanda banjir bandang akibat meluapnya sejumlah anak sungai. Meskipun cepat surut, banjir bandang telah menyusahkan warga, karena rumah, akses transportasi dan lahan pertanian mereka rusak," ujar Arief.

Ia membeberkan dalam sepekan terakhir banjir disertai lumpur dan berarus deras, antara lain telah melanda belasan desa di Kabupaten Bungo, Merangin, dan Kabupaten Sarolangun.

"Detil datanya ada di BPBD kabupaten, dan penanganan korban banjir sudah dilakukan pihak pemerintah daerah. Namun, jika dibutuhkan kita di Provinsi siap kapan saja untuk mendrop bantuan, baik makanan, air bersih ataupun dana untuk evakuasi," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir yang dua hari lalu melanda sejumlah desa di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Merangin, dan Kecamatan Muaralimun, Kabupaten Sarolangun, Jumat kemarin sudah mulai surut. Warga korban banjir kini tengah sibuk membersihkan rumah yang dipenuhi lumpur.

Namun, di wilayah hilirnya, yakni di Kecamatan Pauh, banjir setinggi lutut orang dewasa mulai menggenangi lahan pertanian dan puluhan rumah warga sebelumnya

Kapolsek Pauh Alfian Rusli menjelaskan, banjir masih terkosentrasi di kawasan Pasar Pauh. "Rumah yang terendam dua puluhan. Kami sudah turun, dan ikut meringankan derita warga dengan memberikan bantuan mie instan," sebut Alfian kepada wartawan. (SL/OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Novrian Arbi

Dua Kades di Cianjur Laporkan 8 Warga belum Ditemukan

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 29 November 2022, 23:50 WIB
Selain itu, lanjut dia, per hari ini data pengungsi yang terdata sebanyak 108.7290...
Pengolahan nikel

Vale Indonesia Resmi Mulai Proyek Blok Pomalaa

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 29 November 2022, 23:32 WIB
Total paket investasi untuk pabrik High Pressure Acid Leaching (HPAL) dan tambang diperkirakan mencapai Rp67,5...
DOK.MI

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Kota Sinabang Aceh

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 22:48 WIB
Belum ada laporan tentang kerusakan akibat gempa yang terjadi sekitar pukul 21.20 WIB...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya