Rabu 21 Agustus 2019, 17:09 WIB

Polri Duga Kerusuhan Fakfak Ditunggangi Sekelompok Orang

M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
Polri Duga Kerusuhan Fakfak Ditunggangi Sekelompok Orang

Antara/Reno Esnir
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

 

KERUSUHAN yang mengakibatkan terbakarnya sejumlah kios Fakfak Papua Barat terjadi karena adanya provokasi oleh sekelompok orang. Saat ini, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya tengah melakukan pendalaman kepada sekelompok orang tersebut.

"Iya ada sekelompok kecil masyarakat yang akan mengagitasi atau menghasut situasi," kata Dedi di Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8).

Baca juga: Kemarau Panjang Bikin Tomat di Palu Membusuk

Dedi mengatakan, sekelompok orang yang melakukan pembakaran diduga ingin memanfaatkan situasi pasca kerusuhan di Sorong. Diduga, mereka ingin mengacaukan situasi yang telah kondusif sebelumnya.

Meski begitu, Dedi tidak menyebutkan siapa saja anggota kelompok yang dimaksud. Karena pihak kepolisian tidak ingin terburu-buru menarik kesimpulan. "Belum, masih didalami," cetusnya.

Dedi menyebut, masyarakat dan kepolisian yang diterjunkan berhasil mengamankan situasi dan membuat suasana lebih kondusif.

"Kepolisian dibantu sebagian besar masyarakat Fakfak yang tidak setuju pada aksi yang memperkeruh suasana. Sudah lebih kondusif suasananya. Pada prinsipnya saudara-saudara kita di Papua cinta damai tidak menghendaki kejadian seperti ini," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus

Ikut Upacara 17 Agustus, ASN Pemkab Flotim Pakai Busana Adat

👤Fransiskus Gerardus 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:28 WIB
Mereka memakai sarung dan kebaya dan pita yang menggambarkan ciri kas etnik Lamaholot saat mengikuti upacara bendera yang berlangsung...
MI/Arnoldus Dhae

HUT ke 77 RI : Sekitar 150 Tukik Dilepas di Pantai Biaung Denpasar

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:23 WIB
PEMKOT Denpasar, Bali merayakan HUT ke 77 Kemerdekaan RI dengan cara melepas 150 tukik di Pantai Biaung, Kecamatan Denpasar...
Ist/PLN Babel

Sambut HUT-77 RI, PLN Babel Jalankan Program Pasang Baru Listrik Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:06 WIB
Bantuan yang bertajuk Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini rencananya diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya