Rabu 03 Juli 2019, 18:30 WIB

Lebih dari Separuh Kapal Wisata di Labuanbajo tidak Berizin

Yohanes Manasye | Nusantara
Lebih dari Separuh Kapal Wisata di Labuanbajo tidak Berizin

MI/Yohanes M
Sejumlah kapal pesiar berlabuh di Labuanbajo, Manggarai Barat, NTT.

 

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, bersama instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kapal-kapal wisata di Labuanbajo, Rabu (3/7) pagi.

Mereka memeriksa dokumen dan kondisi kapal yang mengangkut wisatawan menuju Taman Nasional Komodo (TNK).

Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi yakni tanda daftar usaha pariwisata, tiket diving, tiket snorkling, dan tiket memancing yang dikeluarkan oleh Disparbud. Izin usaha angkutan laut dan izin operasional kapal dari Dinas Perhubungan.

Selain itu, tiket pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dan tambatan kapal dari Balai TNK. Serta clearence kapal, peralatan kapal, keselamatan kapal, dokumen kapal, pass kapal dan sertifikat kapal dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP).

Hasil sidak tersebut ditemukan adanya banyak kapal wisata yang tidak memenuhi dokumen-dokumen tersebut.

"Banyak kapal yang tidak memenuhi dokumen seperti yang disyaratkan. Sehingga mereka harus membuat surat  pernyataan untuk melengkapi ini paling lambat tiga bulan," ujar Kepala Disbudpar Manggarai Barat, Agustinus Rinus.

Data yang dimiliki Disparbud setempat, total kapal wisata yang beroperasi di Labuanbajo berjumlah 350-an unit. Namun dari jumlah tersebut, baru 101 unit kapal yang sudah mengantongi dokumen tanda daftar usaha pariwisata. Sisanya, harus memroses dokumen tersebut selambat-lambatnya 3 bulan ke depan.

Penertiban angkutan wisata di Labuanbajo penting untuk memastikan keselamatan terhadap wisatawan, mengingat sering terjadinya kecelakaan kapal yang menimpa wisatawan.

Pemerintah juga menertibkan perilaku pelaku angkutan wisata dan wisatawan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Selain itu, pemerintah juga berupaya memaksimalkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.


Baca juga: Kemen PUPR Serahkan Bantuan 395 Unit Rumah di Tabanan


Pemkab Manggarai Barat hendak menerapkan sistem satu pintu menuju Taman Nasional Komodo mulai 2020. Sistem satu pintu nanti mewajibkan kepada semua kapal cruise dan yacht untuk tidak lagi memasuki kawasan taman nasional. Wisatawan hanya bisa menggunakan kapal wisata yang ada di Labuanbajo.

"Tahun 2020 nanti, wisatawan hanya bisa menggunakan kapal-kapal wisata menuju Taman Nasional Komodo. Cruise dan yacht harus bersandar di Labuanbajo. Wisatawan berangkat ke Taman Nasional Komodo hanya menggunakan kapal-kapal wisata. Untuk itu kita perkuat kapal-kapal ini dengan seluruh dokumen sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," jelas Agustinus.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, yang turut serta dalam sidak tersebut mengatakan kapal-kapal wisata harus menjamin aspek keselamatan dan keamanan pelayaran dan mentaati regulasi kepariwisataan.

Ia mengatakan sebelumnya sering ditemukan persoalan pelaku pariwisata yang tidak mengindahkan ketentuan kepariwisataan. Antara lain, tidak membayar retribusi, tidak mengantongi izin kepariwisataan, adanya kecelakaan pelayaran wisata yang, serta adanya kegiatan yang merusak lingkungan di taman nasional.

Bahkan dari sidak tersebut, ditemukan 17 unit kapal yang tidak memenuhi ketentuan kepariwisataan dan pelayaran. Terhadap kapal tersebut dilakukan pendataan. Temuan yang mengarah ke pelanggaran, akan ditindak sebagai tindak pidana pelayaran.

"Ini penting untuk meminimalisasi persoalan yang berpotensi timbul di kemudian hari seperti kecelakaan, merusak lingkungan, dan persoalan-persoalan lain," kata Julisa. (OL-1)

Baca Juga

MI/ HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Rumah Ibadah dan Lembaga Pendidikan di Kalbar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:18 WIB
Sekretaris Dewan Pembina PSI itu  berharap sertifikat yang diserahkannya dapat memiliki manfaat bagi banyak orang serta terhindar dari...
MI/Ignas Kunda

Jalan Air Dan Uap Panas Bumi di Pulau Palue

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:15 WIB
Aktivitas vulkanisnya dalam perut Bumi membuat gunung itu menghasilkan uap panas bukan mata air walaupun ada hutan belantara di...
MI/HO

Teman Sandi Galang Dukungan di NTB dan Jawa Barat 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 07:24 WIB
Di NTB, Teman Sandi mengawali kegiatan dengan bantuan kemanusiaan untuk lansia. Dalam kegiatan itu, Teman Sandi memberikan bantuan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya