Rabu 26 Juni 2019, 19:55 WIB

Hilang di Kepulauan Aru, Dua Nelayan Ditemukan di Papua Barat

Antara | Nusantara
Hilang di Kepulauan Aru, Dua Nelayan Ditemukan di Papua Barat

ANTARA
Tim Basarnas

 

KEPALA Kantor Basarnas Ambon, Muslimin, menyatakan dua orang nelayan long boat yang dilaporkan hilang sejak 24 Juni 2019 di perairan laut Kabupaten Kepulauan Aru telah ditemukan dalam kondisi selamat di Kaimana, Provinsi Papua Barat.  

"Menjelang malam hari, kami menerima informasi kalau dua nelayan asal Dobo telah ditemukan selamat di Pulau Adi (Kaimana) Provinsi Papua Barat hari ini sekitar pukul 15.30 WIT," kata Muslimin di Ambon, Rabu (26/6) malam.  

Dua nelayan yang menggunakan long boat hendak mencari telur ikan sejak 24 Juni 2019 ini diketahui bernama Nikson Rahantali, 40, dan rekannya Jihad Tamber, 30.

Menurut dia, informasi ditemukannya dua nelayan ini dari seorang pegawai BPBD Kaupaten Kepulauan Aru bernama Hendrik yang menjelaskan Nikson dan Jihad diselamatkan oleh masyarakat di sekitar pantai Pulau Adi, Kabupaten Kaimana (Papua Barat).

Warga setempat kemudian mengevakuasi kedua korban rumah mereka di Pulau Adi dalam keadaan selamat.  

"Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR pada hari kedua dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup, lalu kepada seluruh unsur SAR yang terlibat diucapkan terima kasih," kata Muslimin.  


Baca juga: Senyum Warga DIY Mendapatkan Ayam Gratis


Operasi pencarian dan penyelamatan ini melibatkan unsur SAR gabungan yang terdiri atas Tim Rescue Pos Tual, ABK KN SAR Bharata, Brimob Tual, KP3, KPLK, Lanal Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, bersama BPBD dan masyarakat.

Selain itu, operasi pencarian terhadap dua nelayan long boat lainnya atas nama Firman, 22, dan Efendy Retob, 20, yang dilaporkan hilang sejak 23 Juni 2019 juga telah ditutup setelah tim SAR menjemput mereka di Pulau Buru.

Firman dan Efendy Retob yang menggunakan long boat dan mencari ikan di perairan Dusun Haya, Desa Sole (Pulau Seram) Kabupaten Maluku Tengah dicari tim SAR selama dua hari.

Laporan ini diterima dari Komandan KP. XVI-1012 Ditpolair Polda Maluku, pada Pos Polair Desa Kawa, Aiptu Fredy de Fretes. Mereka
dilaporkan hilang kontak saat melakukan perjalanan dari perairan Dusun Haya menuju sebuah rumpon di tengah laut yang posisinya terletak antara Dusun Haya dengan Pulau Buano.  

Namun masyarakat Desa Waprea, Kabupaten Buru. berhasil menemukan keduanya dan mengevakuasi mereka ke rumah warga. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya