Jumat 07 Juni 2019, 15:30 WIB

Polda Sulsel Berencana Berlakukan Sistem One Way Saat Arus Balik

Lina Herlina | Nusantara
Polda Sulsel Berencana Berlakukan Sistem One Way Saat Arus Balik

ANTARA/Dedhez Anggara
Ilustrasi--kebijakan satu arah di Tol Cipali

 

PUNCAK arus balik lebaran Idul Fitri 2019 diperkirakan terjadi pada H+4 lebaran atau Minggu (9/6). Hal itu karena pada Senin (10/6) para pegawai sudah harus masuk kerja. Karenanya, diprediksi akan terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Mengantisipasi kemacetan yang mengarak ke Kota Makassar pada puncak arus balik, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel), kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani, akan memberlakukan sistem one way traffic atau contra flow.

Sistem ini, kata Dicky, akan memberikan prioritas utama bagi arus balik kendaraan-kendaraan yang mengarah ke Kota Makassar, utamanya yang sering mengalami kemacetan di wilayah Kabupaten Maros atau Gowa.

"Sistem one way traffic atau contra flow akan diberlakukan apabila terjadi kemacetan total. Bila situasi arus lalu lintas lancar, akan digunakan lagi Traffic Light untuk mengatur lalu lintas," sebut Dicky, Jumat (7/6).

Baca juga: BBM di Tol Trans Jawa Ditambah hingga 247% untuk Arus Balik

Sistem ini akan diberlakukan, lanjut Dicky, karena keberadaan traffic lights di Sulsel belum dapat mengurai kemacetan secara otomatis.

"Tentu keberadaan petugas Polri dan Dishub sangat berperan dalam mengatasi kemacetan," lanjutnya.

"Kami mengimbau masyarakat yang akan balik ke Kota Makassar jangan memaksa pada minggu siang karena akan terjadi kemacetan di Takalar, Gowa, Maros dan Pangkep. Lebih baik masyarakat berangkat lebih awal. Gunakan informasi lalu lintas online yang ada di maps supaya tidak terjebak kemacetan. Juga gunakan jalur-jalur alternatif yang ada," sambung Dicky.

Ia juga mengungatkan kepada masyarakat yang akan balik menggunakan pesawat, agar lebih awal ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin supaya tidak terlambat karena mengalami kemacetan di jalan. (OL-2)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Hewan Ternak di Porong Divaksin Booster PMK

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:20 WIB
LEBIH dari 100 ekor hewan ternak sapi dan kambing di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo mendapatkan suntikan vaksin guna mengantisipasi...
dok.ant

Mesin Monster Sampah Buatan BUMN Dioperasikan di Desa Adat Seminyak

👤Arnoldus 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:15 WIB
DESA Adat Seminyak, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung mendapat bantuan mesin pengolah sampah monster yang dibuat...
dok.Ant

Tinggal Dua Ekor Gajah di Kebun Binatang Bandung Rayakan Hari Gajah seDunia

👤Naviandri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:26 WIB
HARI gajah sedunia diperingati setiap 12 Agustus, yang bertujuan agar semua orang bersama-sama melindungi habitat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya