Sabtu 09 Maret 2019, 14:32 WIB

BMKG: 3 Titik Panas Terdeteksi di Aceh

Antara | Nusantara
BMKG: 3 Titik Panas Terdeteksi di Aceh

ANTARA/Nova Wahyudi

 

BADAN Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi setidaknya terdapat tiga titik panas (hotspot) di wilayah bagian tengah dan barat Provinsi Aceh.

Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh, Aceh, Arijuddin di Lhokseumawe, Sabtu (9/3), menjelaskan bahwa dari tiga titik panas yang terpantau tersebut, masing-masing terdapat di Kabupaten Aceh Barat, tepatnya di Kecamatan Arongan Lambaek, kemudian di Kabupaten Nagan Raya terdapat di Kecamatan Darul Makmur dan di Kabupaten Aceh Tengah terdapat di Kecamatan Bebesen.

Baca juga: Difabel dan Lansia Diprioritaskan saat Pemungutan Suara

"Dari sensor modis Satelit Terra, Aqua dan Suaomi NPP sejumlah lokasi titik panas tersebut berada di wilayah barat Aceh, mulai terpantau sejak pukul 07.00 WIB hingga pada pukul 09.00 WIB pada hari ini. Sedangkan tingkat kepercayaannya mulai dari 41% hingga 77%," katanya.

Terkait kondisi di area titik panas dimaksud, katanya, masyarakat diminta agar menghindari membuka lahan dengan cara membakar.    

"Karena kondisi di wilayah tersebut cenderung kering dan apinya mudah menjalar ke tempat lain. Selain itu, membakar lahan juga berdampak terhadap lingkungan dan kesehatan karena asap akan disebar oleh angin," kata Arijuddin.

Sementara itu mengenai kondisi cuaca di wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan pada sore hari, di mana sebelumnya sudah sepekan hujan tidak turun di wilayah ini.

"Prakiraan dari prakirawan cuaca kami, bahwa untuk tanggal 10 dan 11 Maret, diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan pada sore hari di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya," katanya.

Sedangkan kelembapan udara di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya antara 67 hingga 98%, sementara suhu antara 23 hingga 32 derajat Celcius, demikian Arijuddin. (Ant/OL-6)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Menko PMK Minta Jambi Siap Antisipasi Dampak La Nina

👤Solmi Suhar 🕔Senin 29 November 2021, 18:30 WIB
BMKG memperkirakan dampak La Nina terus berkembang di Indonesia dengan intensitas lemah sampai sedang hingga Februari...
ANTARA/Nova Wahyudi

LRT Sumsel Mulai Terapkan Pembayaraan Non Tunai

👤Dwi Apriani 🕔Senin 29 November 2021, 18:28 WIB
STASIUN LRT Ampera menjadi pilot project penggunaan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau LinkAja untuk pembelian tiket LRT...
MI/DWI APRIANI

Karantina Pertanian Palembang Sita Ratusan Burung Dilindungi

👤Dwi Apriani 🕔Senin 29 November 2021, 18:25 WIB
Burung-burung itu hendak diselundupkan ke Bangka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya