Senin 09 Oktober 2017, 18:56 WIB

Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Mandailing Natal

Puji Santoso | Nusantara
Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Mandailing Natal

ANTARA
Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Mandailing Natal

 

HUJAN yang terus mengguyur wilayah Mandailing Natal membuat wilayah Sulangaling, antara lain Desa Lubuk Kapundung, Hutarimbaru, Ranto Panjang di Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dilanda banjir bandang, Minggu (8/10) malam.

Wakil Bupati Madina, HM Jakfar Sukhairi Nasution, yang dihubungi Senin (9/10) petang, mengatakan, banjir bandang terjadi akibat curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tetapi belasan rumah penduduk rusak parah dan ringan akibat hantaman kayu gelondongan yang terbawa arus banjir, bahkan ada rumah penduduk hanyut terbawa arus banjir," ujarnya.

Menurut dia, warga sekitar sempat panik karena air bah datang secara tiba tiba. Hingga saat ini, warga masih mengungsi ke tempat aman karena masih trauma terhadap peristiwa banjir bandang beberapa tahun lalu yang menghantam desa tersebut.

Dikatakannya, saat ini air sudah surut, karenanya sebagian warga pun mulai membersihkan material lumpur dan kayu yang masuk ke permukiman mereka. Warga sangat mengharapkan bantuan dari otoritas setempat dan Pemerintah Daerah karena sejauh ini belum ada bantuan yang datang, terutama kebutuhan air bersih dan makanan.

Selain Desa Lubuk Kapundung, Desa Ranto Panjang dan Desa Hutaimbaru juga terkena banjir. Bahkan informasi yang diperoleh di Desa Hutarimbaru, ketinggian air yang memasuki permukiman penduduk mencapai 2 meter .

Belum diketahui berapa kerugian yang diderita warga pascabanjir bandang. Namun, warga berharap Pemda segera turun tangan mengatasi keluhan mereka. Hingga kini, warga masih mengungsi akibat cuaca di wilayah tersebut belum bersahabat.

"Kita berharap masyarakat bersabar, apalagi musim hujan seperti sekarang ini agar tetap waspada. Begitu pun pemerintah kabupaten akan turunkan bantuan ke wilayah banjir," ujar Jakfar. (OL-2)

Baca Juga

MI/NAVIANDRI

Rufous Events Hadirkan Bazar Bernuansa Natal di Pullman Bandung

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:20 WIB
Rufous menghadirkan 40 tenan, mulai dari kuliner hingga...
MI/NAVIANDRI

Try Out CASN Juara Semakin Diminati Peserta Seleksi Calon ASN

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:05 WIB
Pemprov Jabar akan membuka lowongan formasi untuk tenaga teknis lainnya dengan 5...
MI/Haryanto

Tanggani Banjir Jateng, Ganjar Siapkan Anggaran Darurat Rp15 M

👤Haryanto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:36 WIB
BENCANA banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jateng, seperti Demak, Blora, dan Pati. Pemprov Jateng siapkan anggaran darurat Rp15...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya