Rabu 04 Januari 2023, 19:10 WIB

Atasi Banjir Dampak Cuaca Buruk, Ini yang Dilakukan Pemprov DKI Jakarta

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Atasi Banjir Dampak Cuaca Buruk, Ini yang Dilakukan Pemprov DKI Jakarta

MI/M. Irfan
Awan gelap memenuhi langit wilayah DKI Jakarta.

 

PENJABAT (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono meminta Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengantisipasi dampak cuaca ekstrem di Provinsi DKI Jakarta, salah satunya untuk menyiagakan sejumlah peralatan dan Kendaraan Dinas Operasional (KDO) yang baru untuk mengatasi dampak dari cuaca ekstrem.

Heru menyerahkan peralatan dan KDO lapangan/khusus dalam rangka kesiapsiagaan Dinas Bina Marga dalam menghadapi cuaca ekstrem di Kantor/Workshop Unit Peralatan dan Perbekalan Bina Marga, Cakung-Cilincing, Kecamatan Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (4/1).

Baca juga: Dispendukcapil Kota Depok Kembali Layani Cetak e-KTP

"Dengan adanya penambahan sarana dan prasarana di Dinas Bina Marga, ada 15 item, termasuk juga mobil kendaraan angkut. Saya minta Kepala Dinas langsung bekerja, bergerak, terutama ke tempat-tempat yang memang lokasinya sudah harus diperbaiki. Langsung ke wilayah-wilayah dan langsung bekerja," kata Pj Gubernur Heru.

Heru mengungkapkan, pengadaan peralatan dan KDO tersebut dilakukan melalui e-katalog. Karena kondisinya masih baru, ia berpesan agar dilakukan perawatan secara rutin, sehingga dapat digunakan untuk melayani masyarakat dengan baik.

"Karena masih baru, kondisinya bagus. Saya titip untuk dirawat. Mudah-mudahan bermanfaat untuk pelayanan masyarakat," ujar Heru.

Sementara, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan kendaraan dan peralatan yang lama sudah tidak mampu lagi mendukung percepatan penanganan dampak cuaca ekstrem di DKI Jakarta.

Salah satu dampak cuaca ekstrem yaitu banjir. Dinas Bina Marga DKI Jakarta telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) penanganan mulai dari sebelum, saat, dan sesudah terjadi genangan. 

“Tentunya, lebih cepat. Peralatan baru ini kan masih presisi, jadi cepat. Otomatis dengan peralatan baru ini, penanganan jadi lebih cepat,” tegas Hari.

Lebih lanjut, Hari menambahkan, peralatan dan KDO lapangan yang dibagikan kepada Dinas maupun Suku Dinas berasal dari APBD DKI Jakarta melalui proses e-katalog. Dengan e-katalog, pihaknya lebih mengutamakan membeli produk dalam negeri.

“Mengenai anggaran, menggunakan APBD, prosesnya melalui e-katalog. Jadi, kalau ada produk dalam negeri, kita beli. Kita fokusnya di situ. Kemudian, bila produk dalam negeri tidak ada, baru kita beli produk luar negeri,” pungkas Hari. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Ketahui Hal Ini Sebelum Menyaksikan Konser Dewa 19

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:38 WIB
Penonton konser musik Dewa 19 menaiki bus pengumpan (shuttle bus) dari Jakarta International Expo di Kemayoran dan Pantai Karnaval di...
Instagram @officialdewa19

Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan dalam Pengamanan Konser Dewa 19

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:22 WIB
SEBANYAK 2.174 gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 akan digelar di Jakarta...
Antara/Feny Selly

Tekan Stunting, DPRD Minta Pemprov DKI Lakukan Revitalisasi Posyandu

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:14 WIB
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad meminta Pemprov DKI menjalankan arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya